Sukses

Health

3 Pantangan Kebiasaan Makan yang Meningkatkan Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Kolesterol adalah zat lemak alami yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada di dalam makanan. Meskipun kolesterol diperlukan oleh tubuh untuk berfungsinya sistem pencernaan dan produksi hormon tertentu, kadar kolesterol yang tinggi dapat menimbulkan masalah kesehatan serius seperti penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui dan mematuhi pantangan kolesterol sejak dini.

Seseorang yang memiliki penyakit jantung perlu memperhatikan pola makan yang sehat dan teratur guna menjaga kesehatan dan mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh. Salah satu prinsip utama dalam pola makan pasien penyakit jantung adalah mengontrol asupan lemak jenuh dan kolesterol. Disarankan untuk memilih makanan rendah lemak, seperti dada ayam tanpa kulit, ikan, dan kacang-kacangan.

Makanan-makanan yang aman untuk menjaga keseimbangan kolesterol dan mencegah penyakit jantung adalah makanan yang mengandung lemak sehat. Ada beberapa kebiasaan makan yang sebaiknya dihindari untuk mencegah meningkatnya kadar kolesterol dalam darah. Simak kebiasaan yang harus dihindari untuk menjaga keseimbangan kolesterol:

Pantangan Kebiasaan Makan

1. Hindari Kebiasaan Mengonsumsi Makanan Tinggi Lemak

Pertama, makanan yang tinggi lemak jenuh dan trans harus dihindari. Makanan seperti daging merah, daging olahan, mentega, margarin, dan makanan cepat saji tinggi lemak jenuh dan trans dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sebagai alternatifnya, kita dapat memilih makanan rendah lemak, seperti dada ayam tanpa kulit, ikan, dan kacang-kacangan.

2. Hindari Makanan Tinggi Kolesterol

Selain itu, hindari konsumsi makanan tinggi kolesterol. Makanan seperti kuning telur, hati, dan produk olahan susu tinggi kolesterol dan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Sebagai gantinya, kita bisa mengonsumsi makanan rendah kolesterol yang kaya akan serat, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

Pantangan Kebiasaan Makan

3. Hindari Penggunaan Garam yang Terlalu Banyak

Sangat penting bagi kesehatan kolesterol adalah mengurangi konsumsi garam. Konsumsi garam yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah tinggi, yang juga merupakan faktor risiko penyakit jantung dan stroke. Ada baiknya konsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mengetahui asupan garam yang cocok untuk metabolisme tubuh.

Selain mengikuti pantangan makanan, terdapat juga beberapa kebiasaan sehat lain yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, seperti rutin berolahraga, tidak merokok, dan meminum alkohol secara moderat. Kesimpulannya, kebiasaan yang dilarang seperti makanan yang tinggi lemak jenuh dan trans, tinggi kolesterol, dan tinggi garam sebaiknya dihindari untuk mencegah meningkatnya kadar kolesterol dalam darah. Dengan mengetahui dan mematuhi pantangan kolesterol sejak dini, kita dapat mencegah masalah kesehatan serius yang disebabkan oleh kadar kolesterol tinggi, seperti penyakit jantung dan stroke. Yuk, mulailah hidup sehat dan jaga kadar kolesterol kita agar tetap dalam rentang normal.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading