Sukses

Health

5 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kolagen dalam Tubuh, Bikin Kulit Sehat dan Awet Muda

Fimela.com, Jakarta Kolagen mempunyai banyak fungsi untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Kolagen merupakan protein yang menyusun bagian-bagian tubuh manusia, seperti kulit, tulang, otot, tendon, hingga ligamen. Sebagai zat protein, kolagen menjadi komponen penting yang perlu diperhatikan untuk mempertahankan kesehatan kulit. 

Secara alami, kolagen akan diproduksi di dalam tubuh. Namun, sejalan dengan pertambahan usia dan intensitas sinar matahari yang berlebihan, produksi kolagen pun semakin berkurang. Kulit akan semakin menipis sehingga dapat menyebabkan penuaan dini.   

Minuman suplemen yang mengandung kolagen kini sudah banyak dijual di media sosial. Akan tetapi, kamu juga dapat memilih makanan tinggi kolagen untuk menciptakan kulit yang lebih halus dan kencang. Ingin tahu makanan apa saja yang dapat meningkatkan kolagen dalam tubuh? Diketahui dari situs Health, inilah makanan yang dapat dipilih sebagai konsumsi harian:

1. Daging Ikan dan Kerang

Ikan dapat menjadi sumber kolagen yang sangat baik bagi tubuh. Ikan mengandung kolagen laut yang dapat berperan dalam meningkatkan elastisitas kulit. Daging ikan menawarkan banyak kandungan kolagen yang secara alami bisa dijadikan sebagai alternatif selain konsumsi daging sapi atau ayam. 

2. Daging Ayam

Daging ayam dapat menjadi sumber kolagen selanjutnya yang bermanfaat untuk kesehatan sendi. Bagian tulang rawan pada ayam memberikan khasiat yang penting untuk tubuh. Di samping itu, ayam dapat membantu dalam meringankan gejala artritis atau peradangan pada sendi. Sebagai bahan makanan yang begitu umum untuk digunakan dalam berbagai masakan, ayam pun dapat dikreasikan sebagai makanan penambah kolagen yang menyehatkan.

3. Putih Telur

Putih telur mengandung prolin, yakni salah satu asam amino yang dibutuhkan untuk produksi kolagen. Sumber nutrisi ini penting untuk meningkatkan kolagen dan memberikan energi bagi tubuh. Putih telur dapat diolah menjadi makanan apa saja dan tetap nikmat saat dikonsumsi secara langsung. Sumber protein yang berkualitas tinggi ini juga dapat menjadi asupan yang bergizi untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. 

4. Buah yang Kaya akan Vitamin C

Buah-buahan dengan kandungan vitamin C yang tinggi juga dapat membantu dalam memproduksi kolagen. Tubuh sangat membutuhkan vitamin C yang cukup supaya tetap terjaga dengan baik. Contohnya seperti buah jeruk, lemon, dan jeruk nipis. 

5. Buah Beri

Selain buah seperti buah jeruk, buah beri juga menjadi sumber vitamin C untuk tubuh. Buah seperti strawberry, raspberry, atau blueberry tinggi akan vitamin dan antioksidan yang bisa melindungi kulit dari kerusakan. Buah beri bisa mendukung tubuh untuk membuat kolagen secara efektif dan alami. Maka dari itu, tambahkan buah beri sebagai asupan vitamin harian untuk merawat kulit dari dalam. 

Sekian makanan tinggi kolagen yang dapat menambah nutrisi untuk makanan sehari-hari. Makanan di atas cukup umum untuk dijumpai dan diolah menjadi apa pun. Diimbangi dengan gaya hidup yang sehat, konsumsi makanan ini pun dapat memberikan hasil yang lebih maksimal untuk membuat kulit tetap halus dan kencang. 

 

Penulis: Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading