Sukses

Health

4 Tips Diet Berikut Bantu Turunkan Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Tubuh memerlukan kolesterol untuk berfungsi dengan baik. Namun jika kamu memiliki kadar kolesterol yang berlebih dalam darah, hal ini akan mengakibatkan pembuluh darah arteri pada tubuh menyempit bahkan membloknya, dari sinilah kamu akan berisiko terkena gangguan koroner hingga penyakit lainnya. 

Kolesterol mengalir melalui darah dan protein yang disebut dengan lipoprotein, salah satu tipenya adalah LDL atau yang dikenal dengan kolesterol jahat, biasanya sering dijumpai dalam arteri jika memiliki gangguan. Selain itu ada juga HDL yang sering dikenal dengan kolesterol baik, kolesterol baik mengalir ke permukaan tubuh kembali dari hati, kemudian hati akan berfungsi untuk membuang kolesterol dalam tubuh. 

Cara untuk mengurangi risiko terkena kolesterol tinggi adalah dengan melakukan pola hidup sehat seperti makan makanan yang sehat, menjaga berat badan, dan rutin melakukan olahraga. Namun cara lain untuk mengurangi kolesterol dapat dilakukan juga dengan melakukan diet berikut tips yang dilansir melalui Medline Plus. 

1) Pilih lemak sehat untuk tubuh

Pilihlah lemak yang sehat, kamu harus membatasi konsumsi lemak secara keseluruhan serta lemak jenuh yang tidak boleh lebih dari 25-35% dari total kalori yang berasal dari lemak konsumsi, serta kurang dari 7% dari total konsumsi yang ada dari lemak jenuh secara keseluruhan. Lemak jenuh sangatlah buruk untuk kesehatan karena hanya akan meningkatkan LDL atau kolesterol jahat yang akan mempengaruhi dietmu. Sebaiknya kamu mencoba konsumsi lemak sehat yang terkandung dari kacang-kacangan, daging rendah lemak, hingga minyak tanpa jenuh seperti kanola, zaitun, hingga biji bunga matahari. 

2) Batasi konsumsi makanan yang mengandung kolesterol

Jika kamu ingin mengurangi kolesterol ketika diet, sebaiknya kamu juga membatasi konsumsi makanan yang mengandung kolesterol. Setidaknya kamu harus konsumsi kurang lebih 200mg kolesterol per hari saja. Kamu bisa menyiasatinya dengan konsumsi bagian selain ati, organ hewan lain, kuning telur, udang, bahkan produk olahan susu. 

3) Makan makanan kaya serat

Cara lain untuk mengurangi kolesterol ketika sedang melakukan diet adalah dengan makan makanan yang kaya akan fiber atau serat. Makanan yang kaya akan serat dapat mencegah gangguan pencernaan ketika sedang menyerap kolesterol dalam tubuh. Kamu bisa makan kaya akan serat yang sehat seperti serealia seperti oatmeal, buah-buahan seperti apel, pisang, jeruk, pir serta biji-bijian seperti lentil, kacang, dan yang lainnya. 

 

4) Konsumsi ikan sebagai pengganti daging meraha agar dapatkan manfaat dari lemak dan omega 3

Terakhir karena daging merah tidak direkomendasikan untuk pengidap kolesterol, selain kacang-kacangan, kamu bisa menyiasatinya dengan konsumsi ikan. Makan-makanan ikan yang kaya akan omega 3 seperti salmon dapat membantu meningkatkan kolesterol baik yang dapat melindungi jantung dari inflamasi serta darah menggumpal. Ahli menyarankan untuk konsumsi ikan ini setidaknya 2 kali dalam 1 minggu. 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag:  #Breaking Boundaries 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading