Sukses

Health

5 Jenis Olahraga Menyenangkan yang Ampuh Mengatasi Stres

Fimela.com, Jakarta Stres adalah bagian alami dari kehidupan sehari-hari. Meski begitu, saat kita mengalami stres sebaiknya hal ini tak dibiarkan begitu saja ya Sahabat Fimela. Stres yang berkepanjangan bisa berisiko buruk bagi kesehatan fisik pun psikis kita. Jadi, sangat penting untuk mengurangi risiko stres ini semaksimal mungkin. 

Ada berbagai cara untuk mengelola dan mengatasi stres setiap harinya. Salah satu cara yang efektif adalah melalui aktivtas olahraga. Beberapa olahraga digadang sangat menyenangkan dan sangat ampuh untuk mengatasi stres. Berikut adalah beberapa jenis olahraga yang bisa membantu mengurangi tingkat stres dalam diri tersebut. 

Yoga

Ini merupakan olahraga pertama untuk mengatasi risiko stres bahkan depresi. Yoga adalah gabungan antara gerakan tubuh, pernapasan, dan meditasi. Ini bisa membantu merilekskan tubuh dan pikiran. Latihan yoga secara rutin sangat terbukti mengurangi tingkat hormon stres dalam tubuh. 

Serangkaian gerakan yang mengalir secara perlahan, bisa meningkatkan kesadaran diri dan mengurangi ketegangan otot. Ini juga sebagai salah satu olahraga yang cukup manjur bagi kamu yang ingin mempertahankan berat badan ideal.

Lari atau Jogging

Aktivitas kardiovaskular seperti lari atau jogging bisa menjadi cara yang luar biasa untuk mengatasi stres. Saat berlari, tubuh melepaskan endorfin yang mampu meningkatkan suasana hati dan mengurangi tingkat kecemasan. Selain itu, berlari di luar ruangan akan memberikan manfaat tambahan dari kontak dengan alam.

Berlari di luar ruangan seperti taman atau kompleks perumahan yang damai, perlahan tapi pasti akan meningkatkan kebahagiaan dalam diri. Udara pagi yang masih sejuk saat berlari, akan menambah ketenangan dan kenyamanan dalam diri. 

Senam atau Aerobik

Senam atau aerobik merupakan cara menyenangkan untuk membakar kalori dan meredakan stres. Musik yang mengiringi gerakan-gerakan senam, dipercaya bisa meningkatkan suasana hati sambil mengurangi tekanan dan ketegangan mental yang ada. Olahraga ini adalah salah satu olahraga terbaik dalam mengatasi stres. 

Bersepeda

Bersepeda, baik di luar ruangan maupun menggunakan sepeda statis, adalah cara yang bagus untuk meredakan stres. Aktivitas ini tidak hanya membantu menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan kebugaran, tetapi juga memberikan waktu untuk bersantai sambil menikmati pemandangan sekitar.

Berenang

Renang adalah olahraga yang menenangkan bagi banyak orang. Aktivitas berenang dengan gerakan-gerakan yang lembut dapat membantu merilekskan otot dan pikiran. Sentuhan air yang menyegarkan juga dapat memberikan efek menenangkan dan kebahagiaan yang tak bisa dijelaskan hanya dengan kata-kata. 

Nah, itulah sekian olahraga menyenangkan yang dipercaya bisa bantu mengatasi stres. Tapi,  setiap orang tentunya punya referensi olahraga masing-masing yang paling cocok untuknya. Semoga informasi ini bermanfaat. Untuk mengatasi stres sendiri, olahraga saja tidak cukup Sahabat Fimela. Kamu tetap perlu menjaga pola tidur, pola makan dan pola kesehatan lainnya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading