Sukses

Health

Lebih dari 17 Juta Remaja Indonesia Memiliki Masalah Kesehatan Mental, 100 Psikiater Siap Membantu

Fimela.com, Jakarta Mendapatkan kesehatan mental yang baik menjadi hak setiap individu. Definisi kesehatan mental sendiri menurut World Health Organization (WHO) adalah kesejahteraan mental yang memungkinkan seseorang dapat mengatasi tekanan hidup, menyadari kemampuannya, belajar dan bekerja dengan baik, hingga mampu berkontribusi pada komunitas. 

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), satu dari sepuluh orang Indonesia mengalami gangguan kesehatan jiwa. Lebih lanjut berdasarkan survei Kesehatan Jiwa Remaja Nasional (I-NAMHS) pada tahun 2022 lalu disebutkan bahwa lebih dari 17 juta remaja Indonesia memiliki masalah kesehatan mental. 

Dalam rangka membantu mewujudkan hal tersebut, platform kesehatan Lifepack mengambil langkah penting dengan melakukan kolaborasi yang bertujuan untuk memperluas layanan kesehatan khususnya di bidang kesehatan mental atau kesehatan jiwa. April Bautista Cabello, Chief Marketing Officer Lifepack mengungkapkan, pentingnya akan kesadaran kesehatan mental yang semakin meningkat.

Untuk itu, sejak tahun 2022, terdapat lebih dari 100 psikiater di seluruh Indonesia yang tergabung di dalam Lifepack. Salah satu Psikolog Klinis ternama yang berkolaborasi  adalah Baby Jim Aditya, DR, M.Psi., Psikolog. C.I., CHt, di mana kolaborasi ini memberikan kemudahan bagi pasien Psikolog Klinis Baby Jim yang membutuhkan konsultasi lanjutan dengan psikiater dan juga penebusan obat dengan mudah melalui Lifepack.

“Untuk memperluas jangkauan layanan psikiater yang kami miliki, Lifepack juga melakukan kolaborasi dengan berbagai platform konseling seperti sehatjiwa.id & bincangpsikologi.com. Kerja sama ini memberikan nilai tambah kepada dua platform tersebut untuk bisa memberikan layanan konseling psikiater. Kolaborasi dengan platform dan komunitas peduli kesehatan mental menjadi komitmen Lifepack untuk mengurangi stigma negatif pada penderita gangguan kesehatan mental,” papar April. 

Mempermudah dalam mengakses layanan kesehatan mental

Utari Dwi, Co-Founder Sehat Jiwa merespons positif kolaborasi dengan Lifepack, menurut pengamatan, masih banyak masyarakat yang bingung harus mengambil langkah apa jika mengalami masalah mental. Untuk itu, dengan adanya integrasi antar penyedia layanan kesehatan, diharapkan dapat memberikan akses pelayanan profesional dan seamless untuk masyarakat

Kami mengapresiasi Lifepack yang memiliki perhatian penuh terhadap permasalahan kesehatan mental di Indonesia melalui penyediaan layanan konsultasi yang memudahkan penyintas kesehatan mental untuk dapat mengakses layanan kesehatan,” katanya. 

April menambahkan, terdapat dua hal kendala yang dalam layanan kesehatan bagi kesehatan mental. Pertama soal akses yang masih minim serta stigma buruk konsultasi ke psikiater itu sangat mahal. 

“Lifepack hadir menjawab kedua permasalahan tersebut dengan membuka akses yang mudah untuk konseling psikiater secara daring dan buat janji melalui WhatsApp di 0811-1062-5888 dengan biaya konsultasi sangat terjangkau hanya Rp125 ribu. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan, kami ingin menjadi bagian dari perjalanan proses pemulihan kesehatan melalui pendekatan yang holistik dan berupaya mendukung penuh pasien untuk mencapai kesehatan jiwa yang optimal.” tutup April.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading