Sukses

Health

Ragam Resep Minuman Kayu Manis yang Manjur untuk Turunkan Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Menurut data yang dilaporkan oleh Healthline, konsumsi sekitar 1,5 gram kayu manis per hari bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan mengurangi gula darah secara signifikan, sambil memberikan banyak manfaat bagi kesehatan jantung.

Agar mendapat manfaatnya, kayu manis bisa direbus dengan dua gelas air selama 15-20 menit, kemudian diminum 1-3 kali sehari.

Meskipun begitu, ada kemungkinan beberapa orang tidak begitu menyukai rasa rebusan kayu manis yang demikian.

Namun, rebusan kayu manis tetap bisa diaplikasikan sebagai bahan untuk menciptakan minuman-minuman nikmat tanpa mengurangi khasiatnya.

Berdasarkan kumpulan informasi dari berbagai sumber pada hari Rabu (28/02/2024), berikut beberapa resep minuman yang memanfaatkan rebusan kayu manis.

 

Teh Kayu Manis

Pembuatan teh kayu manis sangat sederhana dengan khasiat yang hampir serupa dengan rebusan kayu manis biasa karena minim zat tambahan.

Untuk membuatnya, celupkan kantong teh ke dalam air rebusan kayu manis yang telah dituang ke dalam gelas. Alternatif lainnya adalah menambahkan 1 sendok teh kayu manis bubuk ke dalam teh yang sudah jadi..

Wedang Jahe Kayu Manis

Wedang jahe tidak hanya nikmat, tapi juga menenangkan pikiran dan menyegarkan badan. Bahan-bahannya meliputi

  •  1 batang kayu manis
  • 2 potong jahe (haluskan).
  •  Gula aren.
  •  1 batang serai (haluskan).
  •  1 liter air
  • Madu.

Pertama-tama, Campurkan semua bahan ke dalam panci berisi air untuk direbus. Lalu tambahkan madu setelah mendidih dan angkat. Tiriskan ke dalam gelas, dan wedang jahe siap dinikmati.

Wedang Jahe Kunyit Kayu Manis

Beda dengan wedang jahe, minuman ini menggunakan kunyit dan sedikit jeruk nipis tanpa serai. Cara membuatnya mirip dengan wedang jahe, yaitu merebus semua bahan dan menuangkannya ke dalam gelas. Tambahkan perasan jeruk nipis untuk penambah rasa.

Teh Rosella Kayu Manis

Melansir dari RhymbaHillsTea, rosella bermanfaat untuk mengatur tekanan darah dan mencegah peradangan.

Nah, campuran rosella dengan rebusan kayu manis akan menjadi combo yang menyehatkan. Berikut adalah resepnya:

  • 5-6 kuntum rosella.
  • 1 batang kayu manis.
  • 2 Bunga lawang.
  • Air  350 ml.
  • Madu.

Campurkan rosella, bunga lawang, dan kayu manis ke dalam air yang direbus. Setelah mendidih, tiriskan, tambahkan madu, dan nikmati minuman sehat ini.

Teh Bunga Telang Kayu Manis

Minuman ini memiliki warna biru keunguan yang cantik. Berikut adalah resepnya:

  • 7 keping bunga telang.
  • 2 buah cengkeh.
  • 1 batang kayu manis.
  • 300 ml air.

Seperti biasa, rebus air dengan kayu manis dan cengkeh, lalu tambahkan bunga telang ke dalam teko. Setelah tercium aroma harum, saring ke dalam gelas dan tambahkan madu sesuai selera.

Apakah Air Rebusan Kayu Manis Bisa Menurunkan Kolesterol?

Dipercaya bahwa kayu manis dapat membantu menurunkan kadar lemak dan kolesterol dalam darah, mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

Apakah Kayu Manis Dapat Mengobati Asam Urat?

Air rebusan kayu manis memiliki manfaat untuk menurunkan kadar asam urat dan kolesterol karena sifat antioksidan dan antiinflamasi yang dimilikinya.

Bolehkah Minum Air Rebusan Kayu Manis Setiap Hari?

Mengonsumsi kayu manis dalam jumlah sedang bersamaan dengan obat-obatan termasuk aman. Namun, konsumsi berlebihan bisa berbahaya jika digunakan bersamaan dengan obat-obatan tertentu, seperti obat diabetes, jantung, dan hati.

Kapan Waktu yang Tepat Minum Rebusan Kayu Manis?

Disarankan minum teh kayu manis dengan madu sebelum tidur atau sebelum berolahraga. Hal ini akan membantu menjaga kesehatan.

Berapa Batang Kayu Manis untuk Direbus?

Langkah-langkah membuat rebusan kayu manis dan takaran konsumsinya telah dijelaskan. Rebus 3-4 batang kayu manis hingga mendidih, kemudian tuangkan ke dalam gelas sebelum diminum.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading