Sukses

Lifestyle

4 Kemampuan Penting yang Semua Anak Muda Harus Miliki

Fimela.com, Jakarta Kamu mungkin sudah lulus dari sekolah dan kini punya pekerjaan yang bagus. Tapi, lulus kuliah bukan berarti lulus dari 'sekolah kehidupan.' Meskipun kemampuan yang emnajdi syarat utama untuk bekerja sudah dipenuhi semua, kamu tetap harus meningkatkan kualitas hidupmu. 

Jalan hidup yang enggak mudah seakan memaksamu untuk terus belajar dan belajar lagi. Kamu akan menemukan hal-hal baru yang belum pernah kamu lihat sebelumnya. Kamu juga akan bertemu banyak orang baru. Dengan latar belakang, tujuan, dan sifat  yang berbeda. Hal inilah yang memaksamu untuk meningkatkan kemampuan yang akan berguna dalam hidupmu

Belajar untuk jujur. Enggak semua orang bisa jujur. Jangankan kepada orang lain. Jujur kepada diri sendiri pun jarang. Kamu kerap kali membohongi dirimu sendiri untuk enggak mengatakan suara hatimu. Kebpongan juga terjadi bukan pada hal yang besar saja. Tapi juga hal kecil seperti; "iya, saya sudah di jalan," padahal kamu baru bangun dan baru siap-sipa mandi. 

Menerima kritikan dengan lapang dada. Enggak banyak orang yang mampu menerima kritikan pedas dari orang lain. Meskipun kritikannya itu membangun, banyak orang justru merasa dihina. Biasanya, kamu akan tersenyum tapi dalam hati ngomel. Cobalah untuk menerima semua kritikan. Toh, kritikan itu buat kebaikanmu juga.

Meminta hal yang kamu inginkan. ketika kamu menginginkan sesuatu, kamu mungkin bingung bagaimana cara memintanya. Banyak orang yang melakukannya dengan basa-basi dulu. Ada juga yang memintanya dengan membantu orang lain, tapi berharap orang tersebut balas budi kepadamu. Sebaiknya kamu belajar untuk benar-benar mengatakan apa yang kamu inginkan, dengan cara yang sopan dan langsung. Sehingga orang yang dimintai tolong langsung paham apa yang kamu butuhkan. Dan bantulah orang tanpa pamrih. 

Menepati janji. Janji memang mudah saja kamu lontarkan. Tapi menepatinya yang susah 'setengah mati.' Banyak orang mengumbar janji lantas lupa, atau pura-pura lupa. Sehingga orang lain yang harus terus menagih janjimu berkali-kali. Kalau kamu memang enggak bisa menepatinya, jangan buat janji. Selain itu, cobalah belajar untuk enggak mudah mengumbar janji. 

Nah, itu dia empat hal yang harus kuasai. Dengan keempat kemampuan di atas, kesulitan dalam hidupmu akan berkurang. Kamu akan tumbuh dan merekah menjadi sosok orang muda yang berwibawa, cerdas secara emosional, dan kompeten. 

Baca juga: Miliki 10 Kemampuan Manajemen dan Bisnis Biar Jadi Orang Sukses

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading