Sukses

Health

Puasa ala Rasulullah Bermanfaat Mengobati Penyakit Maag

Fimela.com, Jakarta Islam merupakan agama yang Rahmatan Lil Alamin atau rahmat bagi seluruh umat manusia. Ibadah-ibadah yang dilakukan muslim bukanlah tanpa alasan, namun sarat dengan kebaikan. Kebaikan tersebut bisa dirasakan di dunia, mulai dari berzakat yang bisa memperkuat ekonomi hingga puasa yang diakui manfaatnya untuk kesehatan.

Bicara tentang puasa, puasa merupakan aktivitas menahan diri dari lapar, haus dan juga kegiatan yang bisa menyebabkan dosa. Mengingat puasa adalah ibadah yang identik dengan menahan lapar dan haus sehingga tidak diperbolehkan makan serta minum,rupanya tidak sedikit orang yang enggan berpuasa dengan alasan sakit maag. Perut kosong selama 12 jam lebih tentu bikin penderita maag bertambah parah. Tapi, apakah benar berpuasa bikin sakit maag tambah parah?

 

Faktanya Maag Bisa Sembuh dengan Berpuasa

Berpuasa tidak akan membuat sakit maag dan asam lambung semakin parah. Faktanya, berpuasa justru menjadi obat alami untuk menyembuhkan risiko maag serta masalah pencernaan lainnya. Para ahli kesehatan sedunia telah membuktikannya. Dari buku Dropping Acid: The Reflux Diet Cookbook & Cure, diketahui puasa dapat mengontrol asam lambung sehingga tidak akan diproduksi berlebihan.

Jika kita melakukan puasa yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW dengan benar, maka penyakit maag akan berkurang bahkan sembuh secara bertahap. Asalkan tidak memakan makanan yang merangsang asam lambung seperti durian, kopi, makanan yang terlalu pedas, serta bergas tinggi. Menu sahur terbaik yang dicontohkan junjungan umat Islam ini adalah kurma, roti gandum, dan minyak zaitun. Saat berbuka kita juga tak boleh makan terlalu banyak. 

 

Jangan Tidur Setelah Makan, Ini Bermanfaat Mengobati Maag

Pastikan untuk tidak tidur setelah  makan baik makan sahur, berbuka atau makan malam. Nabi Muhammad SAW tidak menganjurkan kita untuk tidur selepas sahur. Sebaliknya, beraktifitaslah agar makanan bisa tercerna dengan baik. Demikian pula yang dikatakan ahli kesehatan. Tidur saat kenyang membuat lambung bekerja lebih cepat sehingga produksi asam pun meningkat. Ini alasan kenapa setiap kamu bangun tidur perutmu jadi kembung. Kalau kamu mengikuti tata cara puasa ala Rasulullah niscaya penyakit maag kamu teratasi. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading