Sukses

Lifestyle

Sinyal Smartphone Hilang? Simak Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Perkembangan dunia teknologi memang sangat mengagumkan. Salah satunya adalah teknologi ponsel yang sekarang ramai dengan kehadiran smartphone atau android. Begitu juga dengan perkembangan jaringan sinyal.

Beberapa tahun lalu mungkin orang berpikir kalau sinyal 3G adalah yang paling kencang. Namun, sekarang sudah muncul 4G LTE yang bisa mengirimkan data sampai 100MB/s. Dampaknya sejak tahun lalu sudah banyak smartphone yang mulai mengadopsi teknologi 4G.

Namun yang jadi masalah adalah bagaimana jika sinyal di smartphone tiba-tiba hilang dan bagaimana cara mengatasinya? Seperti dikutip dari laman Xplor, yang pertama kamu harus ketahui terlebih dahulu apa penyebabnya berikut ini:

Sinyal sedang tidak tersedia di daerah kamu
Smartphone kamu error (karena jatuh misalnya)
Smartphone kamu di setting ke mode hanya menerima jaringan 3G
Jaringan sinyal operator naik turun atau tidak konsisten
Faktor cuaca yang biasanya karena hujan yang membuat sinyal menjadi lemah
Ada kerusakan pada software atau hardware kamu
Ada aplikasi pihak ketiga yang membuat masalah
Maintenance jaringan dari operator

Kalau masih belum tahu cara mengatasinya, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Masuk ke Airplane Mode

Nyalakan Airplane Mode. (Istimewa)

Langkah pertama untuk mengatasi sinyal yang hilang di android adalah masuk ke mode penerbangan selama beberapa menit. Hal ini bertujuan untuk me-restart smartphone kita dalam penerimaaan sinyal.

Tanda jika kita sudah masuk mode Airplane ini adalah hilangnya ikon jaringan yang berganti dengan ikon pesawat terbang.

Cek SIM Card

Ilustrasi Sim Card. Kredit: Pixabay

Cobalah matikan smartphone dan periksa apakah kartu SIM kamu terpasang pada posisi yang benar. Kalau miring atau tidak sesuai dengan dudukan bisa jadi itulah penyebabnya!

Selain itu mematikan smartphone selama beberapa detik dan melepas kartu SIM juga bisa sekalian untuk merefresh ulang jaringan.

Ganti Mode Penerimaan Jaringan

Mengganti mode penerimaan jaringan di Smartphone. foto: xplor.xl.co.id

Smartphone sekarang sebagian besar sudah dilegkapi berbagai jenis sinyal, diantaranya adalah 2G, 3G, dan 4G LTE. 2G mampu bekerja pada kekuatan sinyal (850/900/1800/1900 MHz), sementara 3G bekerja pada kekuatan sinyal (900/2100 MHz) dan 4G LTE sendiri lebih bekerja di atas 2100MHz.

Kalau sinyal di daerahmu hanya mendukung sinyal 850, 1800, dan 1900 MHz saja jadi tidak heran jika sinyal sering hilang karena menggunakan 3G yang tidak di dukung.

Untuk menggantinya cukup masuk ke Settings => Wireless & Networks => Mobile Networks=> Network Mode dan sekarang kita bisa melihat pengaturan penerimaan sinyal kita apakah WCDMA Only (HSDPA), GSM Only, atau WCDMA Prefered.

Sebaiknya pilih GSM only atau WCDMA prefered saja karena mungkin di daerah domisili kamu sinyal WCDMA atau HSDPA belum di dukung sepenuhnya.

Factory Reset

Factory data reset di Smartphone. foto: xplor.xl.co.id

Ini adalah langkah terakhir kalau kamu sudah mencoba berbagai cara mengatasi sinyal mendadak hilang di android. Tapi menggunakan cara ini terkesan mengerikan. Karena itu sebelum ingin melakukan Factory Reset sebaiknya pertimbangkan dengan matang terlebih dahulu.

Buat melakukan Hard Reset masuk ke Settings =>

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading