Sukses

Lifestyle

Harga BBM Naik, Ini Cara Bijak Keuangan Keluarga Tetap Aman

Fimela.com, Jakarta Pemerintah melalui PT Pertamina (Persero) kembali menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax Series, Pertalite dan Dexlite sebesar Rp 300 per liter mulai pukul 00.00 WIB pada hari, Kamis (5/1/2017).

Biasanya ketika BBM naik, maka harga barang-barang lainnya pun akan ikut naik. agar keuangan bisa aman, ada dua pilihan yang dimungkinkan yakni menambah pemasukan atau menghemat pengeluaran.

Dari dua pilihan tersebut, menghemat pengeluaran adalah hal yang lebih mudah dilakukan. Sebab, jika ingin menambah pemasukan, maka seseorang harus mencari sumber pemasukan tambahan yang memerlukan waktu relatif lebih lama daripada menghemat pengeluarannya.

Dilansir dari beberapa sumber, tidak ada salahnya mencoba beberapa tips berikut ini untuk menghemat pengeluaran.

1. Beli hanya yang dibutuhkan

Terkadang, seseorang membeli apa yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Mulailah untuk menghemat dengan cara membeli barang yang benar-benar dibutuhkan. Selain itu, carilah juga pasar yang menjual barang dengan harga paling murah.

Peningkatan produksi dan pengaturan tata kelola bahan pokok oleh pemerintah diharapkan menjadi solusi dalam menangani masalah harga sembako.

2. Ubah kebiasaan belanja

Untuk belanja kebutuhan rumah tangga, carilah barang yang manfaatnya sama, namun harganya bisa jauh lebih murah. Misal, sabun mandi.

Kenapa Kita Harus Mandi Pakai Sabun?

3. Hemat Listrik

Gunakan peralatan rumah tangga yang hemat listrik agar pengeluaran untuk itu bisa ditekan.

Ilustrasi Hemat Listrik (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

4. Pindah ke prabayar

Gunakanlah ponsel prabayar. Dengan menggunakan prabayar, maka seseorang akan memiliki batasan tersendiri dalam berkomunikasi, yaitu jumlah pulsa yang tersedia. Selain itu, atur ulang penggunaan akses data dari ponsel agar pulsa tidak cepat habis.

handphone

5. Kurangi jalan ke pusat perbelanjaan

Jalan-jalan ke mall dan pusat perbelanjaan bisa menjadi sumber keborosan. Tidak sedikit orang yang niatnya hanya jalan-jalan berakhir pulang dengan menenteng tas belanjaan. 

suasana di dalam pusat perbelanjaan

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading