Sukses

Lifestyle

Gagah, Ini Kapten Pilot Cewek Pertama Garuda Indonesia

Fimela.com, Jakarta Zaman kini sudah berubah. Pekerjaan yang dulunya identik cuma buat cowok, sekarang juga bisa dilakukan oleh para cewek. Contohnya seperti pilot. Kamu pasti sudah mendengar dan melihat beberapa cewek yang sukses menjadi pilot maskapai penerbangan baik dalam maupun luar negeri. 

Tapi, kamu mungkin jarang mendengar ada Kapten Pilot cewek. Nah, pada 5 April lalu, seorang cewek cantik dikukuhkan sebagai Kapten Pilot cewek pertama maskapai penerbangan Garuda Indonesia, Ida Fiqriah. Saat itu, dilansir dari Good News from Indonesia, Direktur Garuda Indonesia, Capt. Novianto Herupratomo menyematkan Bar Captain rating Boeing B737-800 NG di pakaian dinas milik Ida. 

Pelantikan itu ternyata bukan sekadar pelantikan biasa, girls. Pada laman resmi Garuda Indonesia, Novianto berharap pelantikan ini bisa memicu semangat cewek-cewek lain untuk bekerja dengan lebih baik, terutama pilot cewek di Garuda Indonesia. 

Untuk menjadi seorang kapten pilot, Ida mengaku perjalanannya nggak mudah. Bahkan, perjuangannya dimulai sebelum diterima sebagai pilot Garuda Indonesia. Dia harus melalui 9 tahap tes dengan sistem gugur. Ketentuannya, dia harus punya fisik yang sesuai dengan kriteria. Tingginya minimal 165 cm, dengan panjang kaki 100 cm.

Ida Fiqriah | Sumber Foto: wanitaindonesia.co.id

Ida akhirnya diterima dan mengawali karier sebagai co-pilot, usai lulus dari Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI). Selama 18 tahun berkarier sebagai pilot di Garuda Indonesia, dia sudah menerbangkan berbagai jenis pesawat seperti Boeing B737-300/400/500 dan Airbus A330-300/200. 

Pilot cewek ternyata sudah nggak aneh lagi, girls. Soalnya, higga saat ini, ada sekitar 30 pilot cewek dari 1380 pilot Garuda Indonesia. Ida tentu saja menjadi sosok inspiratif buat pilot-pilot lainnya, serta kamu yang mungkin sedang menjalani pendidikan untuk menjadi pilot. Jangan menyerah dan terus berusaha sebaik mungkin supaya bisa jadi seperti Ida, ya, girls. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading