Sukses

Lifestyle

4 Jenis Olahraga Ibu Hamil yang Mudah dan Bisa Dilakukan di Rumah

Bintang.com, Jakarta Banyak manfaat olahraga untuk tubuh kamu jika dilakukan secara rutin. Apalagi buat ibu hamil sangat dianjurkan untuk melakukan aktivitas tersebut, demi menjaga kebugaran tubuh.

Tak hanya itu saja, kalau kamu olaharga dapat membantu perkembangan janin. Namun, harus diingat bahwa jenis olahraganya harus disesuaikan dengan usia kehamilan kamu, karena bila tidak bisa membahayakan keselamatan janin dalam kandunganmu. Selain itu, pilih olahraga yang cocok untuk ibu hamil dan pastinya berbeda dengan olaharaga pada umumnya.

Olaharaga untuk ibu hamil juga bisa mengatur berat badan sehingga tidak berlebihan, memperbaiki kinerja kerja jantung dan tentunya mempersiapkan otot-otot menjelang persalinan.

Tapi bila kondisi kamu kurang memungkinkan untuk melakukan olahraga lebih baik kamu konsultasikan dulu ke dokter, apakah kamu diperbolehkan untuk berolahraga?

Berikut ini jenis-jenis olahraga yang mudah atau ringan dan bisa kamu lakukan di rumah. Intip apa saja olahraganya yuk!

 

1. Olahraga Jalan Santai

Jenis olahraga satu ini bagus banget untuk ibu hamil. Kalau kamu rutin melakukan ini rasakan manfaatnya seperti memperlancar sirkulasi darah dan menjaga kebuguaran tubuh.

Baiknya kamu memilih jalan yang datar supaya menghindari resiko jatuh. Jalan santai bisa kamu lakukan di pagi hari karena waktu ini sangat cocok.

Kamu bisa merasakan udara pagi hari yang masih bersih.

Olahraga yang tepat untuk ibu hamil. (Sumber foto: today.com)

2. Olahraga Senam Hamil

Kamu bisa melakukan jenis olahraga ini di rumah dan tanpa instruktur lho, caranya, ikuti panduan dari video senam. Atau kalau kamu ingin lebih efektif bisa mengikuti kelas senam khusus ibu hamil dengan instruktur.

Olaharaga ini bisa membuat kamu merasakan rileks dan juga otot-otot kamu semakin kuat untuk persalinan. 

Olahraga yang tepat untuk ibu hamil. (Sumber foto: parenting.com)

 

 

 

3. Olahraga Yoga

Untuk ibu hamil yoga bermanfaat untuk melatih pernapasan, relaksasi dan menjaga kebugaran tubuh. 

Kalau mengikuti kelas yoga, kamu bisa mengatasi stres yang sering dialami ibu hamil, sehingga yoga juga membantu kamu merasa lebih tenang dalam menjalani masa kehamilan.

Kamu bisa mengikuti kelas yoga khusus ibu hamil yang dipandu oleh instruktur. 

Olahraga yang tepat untuk ibu hamil. (Sumber foto: pregnant.sg)

4. Olahraga Berenang

Olahraga ini sangat bemanfaat untuk ibu hamil, seperti menjaga kinerja jantung, menjaga berat badan dan melatih otot-otot. 

Kamu bisa lakukan hal ini di rumah bila memiliki kolam renang. Lakukanlah paling tidak selama 15 menit dan jangan terlalu lama karena mencegah dehidrasi dan terjadinya perubahan suhu yang bisa saja membahayakan si janin.

Disarankan ketika sehabis berenang kamu minum segelas air putih ya. 

Olahraga yang tepat untuk ibu hamil. (Sumber foto: thebump.com)

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tips Membersihkan Rumah Usai Banjir Jakarta Surut