Sukses

Lifestyle

Bukan Kanker, Ini 3 Penyebab Adanya Benjolan di Payudara

Fimela.com, Jakarta Kanker payudara memang sudah ditetapkan sebagai penyakit yang paling mematikan selain gagal jantung. Namun, tetap saja masih banyak perempuan yang terlambat mendapatkan penanganan dokter. 

Ini menyebabkan korban jiwa terus berjatuhan. Padahal, penyuluhan mengenai cara pemeriksaan mandiri dan tanda-tanda gejala kanker ini sudah sering dilakukan. Salah satunya, adanya benjolan pada area payudara. 

Tapi, jangan langsung panik saat kamu menemukan perbedaan pada payudaramu. Benjolan itu cuma salah satu tanda saja, kok! Jadi, kalau ada benjolan belum tentu kanker atau tumor. 

Dilansir dari Prevention, benjolan pada payudara menandakan beberapa kondisi dan juga penyakit selain kanker payudara. Kamu memang sebaiknya tetap ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut dan berdiskusi apa tindakan yang paling tepat. Tapi, kamu juga 

Kelainan fibrokistik

Dilansir dari Halo Sehat, nggak semua benjolan itu merupakan tanda kanker. Bisa jadi, ini adalah kelainan fibrokistik, atau perubahan abnormal pada jaringan payudara yang nggak ganas atau non kanker. Biasanya terdeteksi karena ada benjolan atau bengkak yang terasa sakit pada payudara.

Fibrosis

Fibrosis ini mirip dengan jaringan luka. Jadi, kalau kamu raba, akan terasa kenyal, padat, dan keras. Kelainan ini bisa berkembang menjadi kanker payudara. 

Kista

Kista ini sebenarnya kantung yang berisi air. Biasanya, kalau kamu pegang, akan terasa seperti memegang kelereng. Benjolan kista bisa berpindah-pindah. Biasanya, berbentuk bulat atau lonjong. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading