Sukses

Lifestyle

Kenapa Kamu Sering Kencing di Pagi Hari?

Fimela.com, Jakarta Pagi hari, ketika kamu baru bangun tidur, hal pertama yang kamu lakukan adalah pergi ke kamar mandi. Biasanya, kamu akan kencing atau juga poop. Jangan heran, hal ini sebenarnya wajar, kok. 

BACA JUGA

Selain itu, jumlah air kencing di pagi hari biasanya lebih banyak dari biasanya. Soalnya, kantung kemih menampung lebih banyak air seni selama kamu tidur. 

Jadi, di pagi hari, jumlah air seni cenderung lebih banyak. Makanya, sign ingin kencing di pagi hari nggak boleh kamu tahan-tahan. Tapi banyak, lho, orang yang menahan kencing di pagi hari. Biasanya, mereka menahan karena malas beranjak dari kasur. 

Padahal, menahan kencing itu sangat dilarang. Karena bisa menimbulkan gangguan pada saluran kemih, ginjal, dan kantung kemih. 

Selain jumlah kencing yang lebih banyak, banyak juga orang yang bertanya-tanya kenapa sering kencing di pagi hari, meskipun mereka sedang nggak hamil. Wajar nggak, kalau kencing berkali-kali di pagi hari?

Ada Hormon Vasopressin

Jaadi, pada malam hari, ginjal memang menyaring lebih sedikit air seni. Kantung kemihmu pun juga lebih relax dan menahan lebih banyak air seni. Makanya, kadang kamu bisa 2-3 kali kencing di pagi hari. 

Selain itu, juga ada hormon vasipressin yang 'memerintahkan' sel-sel tubuh untuk manahan lebih banyak air. Jadi, karena faktor-faktor inilah, makanya kantung kemih lebih banyak menahan air di pagi hari. 

Selain itu, apa yang kamu minum usai bangun tidur juga berpengaruh. Kalau kamu langsung minum secangkir kopi, pastinga sistem sekresi akan terpengaruh. Soalnya, minuman berkafein bisa memberikan efek deuretik sehingga kamu jadi ingin ke toilet lagi, bahkan berkali-kali. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading