Sukses

Lifestyle

4 Cara Jitu Bentuk Tubuh Idealmu

Next

Gaya Hidup yang Tentukan Bentuk TubuhMasalah bentuk tubuh pada dasarnya identik dengan faktor genetik dan metabolisme, sementara gaya hidup dan faktor lainnya hanyalah penunjang. Coba lihat kembali keluargamu, apakah ada yang berbakat gemuk atau kurus? Kalau iya, mungkin bentuk tubuhmu sekarang memang bawaan lahir. Kedua, bisa jadi badanmu kurang berisi karena ada gangguan sistem penyerapan nutrisi di saluran pencernaan. Kamu sering ke belakang atau diare? Konsultasikan ke dokter untuk memastikan metabolisme tubuhmu bermasalah atau tidak.

Nah, kalau kamu lulus dari dua faktor dasar itu, berarti kamu punya peluang untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal. Bagaimana caranya? Lewat gaya hidupmu sendiri!

Jadikan sebagai kebutuhan, bukan kewajiban

Ini terdengar kuno, bahkan bagi perempuan diet hal ini juga wajib dilakukan. Tapi, memang lewat olahragalah tubuh kita jadi fit dan fresh, seluruh organ tubuh pun dapat bekerja dengan baik. So, jadikan olahraga sebagai kebutuhan pokok, bukan kewajiban, jadi kamu akan merasa kurang kalau belum melakukannya.

 

 

 

Next

Terapkan, tak cukup hanya tahu

 

Untuk kamu yang ingin menambah berat badan, pasti tahu kalau susu full cream mampu menambah berat badan. Kamu juga tahu pentingnya makan teratur. Tapi, kamu sekadar tahu tanpa ada kesadaran mempraktikannya. Masalahnya adalah kedisiplinan. Coba menertibkan diri tanpa ada alasan untuk “bolong” melakukan hal-hal tersebut. “Makan makanan yang mengandung banyak energi, seperti susu full cream dan daging, ikan, telur, kacang-kacangan, dan alpukat. Jangan ragu memasukkan protein juga ke dalam setiap makananmu karena tubuh memerlukannya untuk menambah berat badan dan massa otot,” jelas ahli gizi Leona Victoria Djajadi.

Gaya Hidup yang Tentukan Bentuk Tubuh

Peduli diri sendiri

Jangan hanya menuntut tubuh melakukan keinginanmu, karena tubuh juga butuh diperhatikan. Kenali dirimu sendiri untuk menentukan langkah yang akan kamu ambil. Misalnya, kalau kamu tipe yang aktif, kamu boleh makan makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak tinggi agar kelebihannya bisa ditimbun tubuh dan jadi tabungan awalmu untuk gemuk. Keaktifanmu sendiri berfungsi menjaga tubuh tetap kencang dan mencegah timbunan lemak di bagian tubuh tertentu. Atau, kalau kamu ingin kurus, hindari konsumsi karbohidrat dan lemak secara berlebihan. Ada kalanya kamu perlu mengacuhkan nafsu lidah. Kalau kamu sanggup memilah mana yang boleh dan tidak dikonsumsi, artinya kamu peduli pada dirimu sendiri.

Fokus ke tujuan

Bagi pekerja kantoran, waktu untuk diri sendiri sering terabaikan. 8 jam tidur bahkan hampir tak pernah bisa dicapai karena berbenturan dengan pekerjaan yang menyita waktu seharian. Ini jadi kendala terbesarmu untuk gemuk maupun kurus. Coba siasati dengan memberlakukan jam malam dan ikuti jam tidur yang sudah kamu tetapkan sendiri. Si kurus butuh cukup istirahat, sementara si gemuk harus menghindari lelah dan stres yang bisa memicu nafsu makan.

“Makan, olahraga yang teratur akan sangat berpengaruh pada sistem pencernaan. Stop merokok juga sangat membantu. Perbanyak makanan bergizi tinggi. Dan perbaiki gaya hidup, misalnya tidur cukup, jangan terlalu sering minum kopi, biasakan minum air putih yang cukup,” dr. Meta Hanindita melengkapi.

Sebenarnya keempat prinsip itu bisa kamu pakai untuk mewujudkan apa yang kamu inginkan. Tapi, mulailah dengan menerapkannya ke program tubuh idealmu!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading