Sukses

Lifestyle

Sebelum Libur Lebaran Berakhir, Yuk Bersihkan Barang Tak Terpakaimu!

Next

Obat kedaluwarsa? Buang!

Sadar atau tidak kamu pasti pernah menyimpan obat-obatan yang memang sudah lewat tanggal pemakaiannya. Biasanya sih, biar kamu tetap mengingat nama obat yang kamu gunakan. Nah, mulai sekarang catat saja nama-nama obat penting yang memang kamu butuhkan, bisa di notes handphone atau buku khusus. Menurut Donnely, R.Ph., dari Clevaland Clinic, “Obat-obatan itu nggak sama dengan minuman anggur. Mereka nggak bakal memiliki khasiat lebih baik jika disimpan lama.” Bahkan, obat antibiotik memiliki jangka waktu pemakaian yang pendek. Apalagi obat-obatan dari resep dokter, biasanya dibuat berdasarkan jangka waktu yang telah ditentukan.

Majalah lama? Buang!

Merasa ingin membaca setiap lembar dalam majalah terkadang bikin kita menumpuk majalah. Padahal, kegiatan tadi nggak pernah kesampaian dilakukan. Bisa membaca setiap artikel dalam sebuah majalah menurut Jerome Bubrick, Ph.D., psikolog dari New York, sangat nggak realistis. Bahkan, menyimpan mereka justru bikin kamu bisa tambah stres. Lebih baik bikin peraturan dalam membeli majalah baru. Untuk majalah mingguan bisa disimpan dalam waktu sebulan sedangkan majalah bulanan hanya bisa disimpan dalam jangka waktu tiga bulan. Bila lewat dari itu, majalah tadi pantas untuk disingkirkan atau kalau tidak diloakkan.

Sepatu lari yang berumur 2 tahun? Buang!

Buat kamu yang rajin lari, perlu banget nih perhatikan hal yang satu ini. Bob Baravarian, D.P.M, chief of ankle and foot surgery dari Santa Monica/ UCLA Medical Center, mengatakan sebaiknya sepatu lari digunakan sampai jarak antara 300-500 mil. Setelah itu, bila tapak sepatu masih bagus kamu bisa pergunakan untuk jalan kaki selama enam bulan. Selanjutnya, bila sepatu masih juga dalam keadaan bagus, kami sarankan disumbangkan untuk para tunawisma atau orang yang menurutmu bisa menggunakannya.

Kaos kaki tanpa pasangan? Simpan!

Disimpan? Terdengar aneh? Ternyata, kaos kaki tanpa pasangan ini masih memiliki banyak kegunaan. Bisa digunakan untuk membuat bau dalam sepatumu berkurang. Caranya, isi kaos kaki tadi dengan baking soda atau teh, lalu ikat ujungnya dan disimpan di dalam sepatu saat kamu tidak memakainya. Mudah, bukan?

 

Next

E-mail lebih dari 6 bulan? Buang!

Kecuali email yang dimaksud sangat penting, seperti kontrak kerja atau lainnya, seharusnya e-mail nggak disimpan lebih dari sebulan, kata Julie Morgenstern, penulis dari buku Organizing From the Inside Out. Aturan dasar ketika menerima email: dibuka, dibaca, dihapus atau bila perlu memang disimpan di sebuah folder. Kebiasaan tadi bikin kotak surat elektronikmu selalu bersih!

Kosmetik berumur 6 bulan? Buang!

Setelah enam bulan, maskara dan eyeliner biasanya akan mengering, bahkan kalau kamu sering memompanya ia akan mengering lebih cepat. Jika memang tersisa sedikit, lebih baik dibuang saja, menurut Ever Pearl, penulis buku Plastic Surgery Without the Surgery. Lainnya, bila kamu membeli cat kuku dan nggak pernah memakainya, kemungkinan besar kamu nggak akan menggunakannya. Hal tadi berlaku juga untuk lipstik. Buat foundation, mungkin kamu masih bisa menyimpannya hingga satu tahun sedangkan parfum seharusnya nggak lebih dari dua tahun, apalagi kalau kamu nggak pernah memakainya.

Box berisi pemberian mantan? Simpan!

Bagian dari diri kamu mungkin masih belum bisa melepaskan kenangan manis bersama Sang Mantan. Wajar bila kamu tetap menyimpan sebagian barang-barang pemberiannya mulai dari CD, jam tangan hingga handphone. Menurut Frederic Luskin, Ph.D., seorang direktur di Forgiveness Project dari Stanford University, perasaan kamu bisa berubah seiring kamu menerima keadaan bahwa hubunganmu bersama Si Mantan hanya bagian dari hidup yang kamu jalani. Setelah beberapa minggu putus, ada baiknya menyimpan kotak tadi jauh dari pandangan mata. Setelah enam bulan pindahkan ke gudang belakang. Biar bagaimana pun, terkadang seseorang masih menginginkan sebuah kenang-kenangan, bukan?

Nah, selain ketujuh barang yang telah kami sebutkan, apakah kamu memiliki ide barang lain untuk dibuang atau mungkin disimpan, Fimelova? Yuk, share pendapamu di bawah!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading