Sukses

Lifestyle

Maag Tak Kambuh, Tips dan Trik Sahur di Puasa Ramadan Hari Pertama

Bintang.com, Jakarta Tak terasa, Ramadan akan segera tiba. Kamu pasti nggak mau ketinggalan momen sahur dan buka puasa bersama dengan keluarga dan orang-orang tercinta. 

Di antara sahur dan buka puasa, sahur yang paling penting. Soalnya, apa pun yang kamu makan merupakan nutrisi dan energi yang kamu butuhkan untuk satu hari, sampai Magrib nanti. 

Kalau menu makanan pada saat sahur kamu kurang gizinya, atau juga kurang asupannya, kamu mungkin akan merasa lebih lemas dan juga sering mengantuk. 

Kalau lapar, sih, sudah pasti, ya? Nah, menu makan saat sahur juga sangat menentukan kesehatanmu seharian. Kalau salah atau bahkan nggak sama sekali, bisa-bisa maag bakal kambuh, lho! 

Jangan sampai perut perih cuma karena sahurmu nggak bener. Berikut ini 2 trik dari Live Strong agar puasa nggak bikin maag kambuh di hari pertama. 

Makan Sehat

Kamu mungkin ingin ngemil dan makan makanan yang nggak ribet saat sahur. Soalnya, kamu pasti masih mengantuk dan jadi malas makan. 

Tapi, kamu tetap harus makan makanan sehat yang lengkap. Ada buah, lauk dengan protein, sayur-sayuran, dan juga pilih nasi merah agar kamu dapat lebih banyak serat. 

Minum Air yang Cukup

Air mineral itu penting banget. Kamu yang kekurangan cairan saat puasa bakal lemas tanpa air yang cukup. Selain itu, air juga membantu memperlancar proses pencernaan. 

Jadi, jangan pernah anggap sepele pasokan air dalam tubuh. Minimal, kamu harus minum air 8 gelas per hari. Nah, pada saat sahur, mungkin kamu bisa minum 2-3 gelas. Saat buka puasa, kamu bisa minum 2 gelas. Dan sisanya bisa kamu minum perlahan-lahan hingga kamu pergi tidur. 

Kamu juga bisa meminum obat maag setelah menyantap menu makan sahur. Sehingga perut nggak perih selama kamu berpuasa. 

Loading
Artikel Selanjutnya
Penyebab Asam Lambung dan Dampak Buruk Jika Dibiarkan
Artikel Selanjutnya
Ragam Obat Pengganti Rantidin Menurut Praktisi Kesehatan