Sukses

Health

Tips Puasa Sehat agar Tetap Fit Menjalani Hari

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadhan sebentar lagi tiba, di mana umat muslim akan melaksanakan puasa dengan menjauhkan diri dari makanan, minuman, dan kebutuhan fisik lainnya sejak matahari terbit hingga terbenam.

Berpuasa selama bulan Ramadhan membawa banyak manfaat sekaligus menjadi tantangan agar tidak berdampak negatif pada kesehatan. Jangan sampai, niat untuk berpuasa malah berujung sakit karena tidak memperhatikan strategi untuk menjaga badan tetap fit.

Berikut adalah beberapa tips puasa sehat dan tetap fit meskipun beraktivitas seperti biasa selama bulan Ramadhan!

Konsumsi Makanan Berimbang untuk Sahur dan Buka Puasa

Sangat penting untuk mengkonsumsi makanan bergizi dan seimbang sebelum Anda memulai puasa. Makanan berimbang sendiri terdiri dari karbohidrat kompleks, protein, dan lemak sehat. Saat sahur, hindari makanan yang berat, pedas, atau gorengan yang dapat memicu kembung atau gangguan pencernaan.

Saat berbuka, ada baiknya kamu mengkonsumsi makanan yang ringan terlebih dahulu, misalnya dengan kurma dan air. Setelah itu, barulah isi perutmu dengan seporsi makanan dengan komposisi nutrisi yang berimbang.

Pastikan Kamu Terhidrasi dengan Baik

Dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan, sakit kepala, dan masalah kesehatan lainnya. Maka dari itu, untuk tetap terhidrasi selama Ramadhan, banyaklah minum air putih. Selain itu, hindari minuman manis dan berkafein karena kandungan di dalamnya dapat menjadi penyebab dehidrasi.

Berbuka Puasa dengan Air dan Kurma

Seperti yang telah direkomendasikan sebelumnya, berbuka dengan air dan kurma adalah pilihan yang tepat. Tambah lagi, berbuka dengan kurma dan air memang dianjurkan dari segi agama Islam. Kurma sendiri merupakan sumber energi dan nutrisi yang baik dan bisa membantu meningkatkan kadar gula darah. Air putih juga memegang peranan penting dalam rehidrasi tubuh setelah seharian berpuasa.

Rutin Berolahraga Ringan

Melakukan latihan ringan selama bulan puasa dapat membantu mempertahankan kebugaran dan meningkatkan suasana hatimu. Namun, hindari latihan dengan intensitas tinggi karena mereka berujung pada dehidrasi dan kelelahan. Aktivitas yang lebih santai seperti yoga, berjalan kaki, atau peregangan tubuh adalah pilihan yang lebih baik.

Tidur yang Cukup

Tidur cukup penting adalah kebutuhan penting selama Ramadhan. Kurang tidur dapat menyebabkan kelelahan dan masalah kesehatan lainnya. Cobalah untuk tidur setidaknya 7–8 jam tiap malamnya untuk memastikan bahwa tubuh Anda memiliki sisanya perlu berfungsi dengan benar.

Sahabat Fimela, berpuasa selama Ramadhan bisa menjadi pengalaman yang bermanfaat untukmu, tetapi penting untuk melakukannya dengan hati -hati dan hati-hati. Melalui tips ini, kamu diharapkan dapat memastikan tubuh tetap fit dan sehat selama bulan puasa, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading