Sukses

Lifestyle

Tips Mengenal Alergi dan Memilih Produk yang Tepat untuk Anak

Fimela.com, Jakarta Alergi menjadi salah satu momok bagi orangtua dalam mendampingi tumbuh kembang anak. Setiap anak memiliki penyebab dan reaksi yang berbeda-beda terhadap sumber alergi. Karena itu, orangtua perlu teliti pada hal yang menyebabkan alergi.

Presenter sekaligus dokter Reisa Broto Asmoro mengaku sangat selektif memilih produk-produk kesehatan yang beredar di pasaran untuk kedua buah hatinya. Dia sangat cermat mengenal sumber alergi bagi anak-anaknya.

 

"Anak pertama saya itu alergi berat jadi kulitnya kena dermatik, sering banget. Jadi saya dituntut untuk memilih produk-produk kesehatan yang hati-hati," ujar dokter Reisa Broto Asmoro saat ditemui di sela-sela mengisi Talkshow by PURE Baby pada acara 'Festival Ibu dan Buah Hati' di Intermark BSD City, Serpong, Tangerang, belum lama ini.

Meski seorang dokter, mantan finalis Puteri Indonesia 2010 itu juga selalu berkonsultasi dengan dokter anak. Hal ini membuat dirinya belajar banyak kesehatan anak.

"Saya tetap konsultasi biar gimana juga butuh spesialis anak kan. Terus pengalaman saya juga kan nggak sebanyak itu. Dengan konsultasi saya lebih yakin, lebih tenang kan," pungkas Dokter Reisa.

 

Untuk pencegahan agar anaknya tidak terkena alergi, Dokter Reisa membatasi soal makanan yang dimakan anak pertamanya tersebut terutama cokelat. Alergi makanan yang dialami anak pertama Dokter Reisa terbilang serius, bahkan sempat menjalani perawatan di rumah sakit.

"Kalau jajan sembarangan sih belum dibatasi. Kalau cokelat iya, segala macam dia nggak boleh karena dia alergi. Alerginya fatal soalnya dia sampai kejang-kejang kan. Dan dia pernah diare hebat juga dan sempat masuk PICU dulu. Jadi saya trauma deh, kalau untuk makanan dia sudah tahu. Kalau ditawarin sama orang dia tahu kalau nggak boleh nanti sakit," terang Dokter Reisa.

Untuk meminilisir iritasi pada anak, beberapa cara bisa dilakukan. Salah satunya deengan menggunakan detergent tanpa SLS. "Sudah lama anjuran ini, namun ternyata belum banyak perusahaan yang menerapkannya pada produk bayi. Padahal SLS ini bisa menyebabkan banyak masalah salah satunya dermatitis. Produk tanpa SLS bahannya alami sehingga meminimalkan iritasi," ujar Liliana Saragih, Brand anager Pure Baby.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading