Sukses

Lifestyle

Batuk Mengganggu, Ini Cara Keluarkan Dahak Secara Alami

Fimela.com, Jakarta Meski tergolong penyakit ringan, batuk sebenarnya cukup mengganggu aktvitas. Apa lagi kalau batuk berdahak yang bikin kamu harus bolak-balik ke toilet untuk membuangnya. 

Tapi, nggak semua jenis batuk berdahak mudah untuk mengeluarkan lendir tersebut, lho! Sebagian orang mengalami batuk berdahak namun, seakan lendir yang ada di saluran pernapasan tak bisa dikeluarkan. 

Biasanya, selain bikin dada sesak, lendir yang tak bisa dikeluarkan ini juga bisa bikin suara serak dan rasa tak nyaman. Karena itu, lendir tersebut harus dikeluarkan, agar batuk cepat mereda dan sembuh. 

Dilansir dari Merdeka.com, sebenarnya ada banyak obat batuk berdahak yang manjur. Tapi, kalau bisa dengan cara herbal dan natural, kenapa harus pakai obat kimiawi? 

Kamu bisa dengan mudah mencari bahan-bahan alami yang bisa mengeluarkan dahak dan meredakan batuk. Bahkan, beberapa bahan nggak perlu kamu beli tapi sudah tersedia di dapur. 

Madu dan Jahe

Obat herbal yang pertama adalah madu dan jahe. Dilansir dari Merdeka.com, jahe sudah lama dipercaya bisa meredaan batuk dan mengeluarkan dahak. Kamu cuma harus memarut 100 g jahe. 

Setelah diperas campurkan air jahe ke dalam segelas air hangat. Kemudian, biar ada rasanya, campurkan sedikit madu. Madu ini juga berkhasiat untuk meredakan sakit tenggorokan dan batuk berdahak. 

Kunyit

Kalau kamu tipe orang yang suka dengan jamu, kunyit bisa enjadi salah satu pilihan dan alternatif. Kunyit ini mengandung zat yang bisa membutuh kuman dan bakteri penyebab batuk berdahak. 

Selain itu, kunyit juga bisa mengencerkan dahak yang sulit dikeluarkan. Cara membuatnya pun gampang, girls. Kamu cuma harus memarut kunyit, kemudian peras dan ambil airnya saja. Campurkan air perasan kunyit dengan segelas air hangat. Kalau nggak suka dengan rasanya, kamu bisa tambahkan madu. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading