Sukses

Lifestyle

Alasan Kenapa Area Payudara Kerap Gatal

Fimela.com, Jakarta Area intim, bagi perempuan, bukan satu-satunya area sensitif dan perlu ekstra perhatian dan perawatan. Tapi, payudaramu juga penting untuk diperhatikan. 

Beberapa kejanggalan seperti timbulnya rasa sakit, nyeri, perubahan warna dan munculnya pembengkakan pada payudara bisa saja terjadi. Semua tanda tersebut juga bisa saja mengindikasikan adanya infeksi atau juga timbulnya tumor dan kanker. 

Namun, rasa gatal juga kerap dirasakan banyak perempuan. Pada saat masih remaja, rasa gatal pada puting katanya merupakan tanda kalau payudara akan tumbuh lebih besar di masa pubertas. 

Namun, apa artinya rasa gatal ini kalau terjadi setelah masa pubertas? Dilansir dari Health Line, rasa gatal pada payudara bisa saja menandakan banyak hal. 

Misalnya masalah kulit sepeerti ekzema, dermatitis, atau juga masalah lain. Perempuan yang sedang hamil, karena payudara beertambah besar dan kulit sekitar meregang juga bisa menimbulkan rasa gatal. Namun, ada beberapa hal yang menjadi peringatan dan sebaiknya diperiksakan ke dokter. 

Penyebab payudara terasa gatal

Ada beberapa penyebab lain yang membuat payudara terasa gatal, selain gangguan kesehatan kulit. Seperti, iritasi lantaran bahan bra tidak menyerap keringat atau kasar. 

Self menulis, ada juga penyebab-penyebab yang harus menjadi warning bagi kesehatan payudaramu. Misalnya, infeksi jamur pada area bawah payudara yang disebabkan kulit lembab dan kotor. 

Atau pada kasus-kasus tertentu, meskipun jarang, juga bisa karena kanker. Inflamasi, Self menulis, yang terjad lantaran kanker payudara yang agresif dan menjalar ke lapisan kulit bisa menimbulkan rasa gatal. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading