Sukses

Lifestyle

6 alasan olahraga membuat ibu bahagia setelah melahirkan

Fimela.com, Jakarta Banyak perubahan yang terjadi pada ibu yang baru melahirkan, membuat ibu baru mudah stres atau sering dikenal dengan sebutan baby blues.

Faktanya, sebuah penelitian di Yogyakarta tahun 2017, 2 dari 10 wanita terkena baby blues setelah melahirkan. Situasi krisis bagi ibu ini diakibatkan dari beberapa faktor seperti perubahan fisik, psikologis, maupun sturktur, keluarga yang memerlukan proses adaptasi atau penyesuaian.

Menurut penelitian University of Chicago, sebesar 75 persen wanita di seluruh dunia akan cenderung berubah menjadi lebih gemuk setelah melahirkan bayi, khususnya bayi untuk pertama kalinya.

Liza M Djaprie, selaku Psikolog Klinis menambahkan, perubahan fisik ini diikuti dengan perubahan pada psikologis lbu yang cenderung tidak percaya diri atau gusar dengan kondisi fisik yang mungkin tak kunjung beralih kepada kondisi saat sebelum hamil.

Olahraga membuat bahagia

Untuk mengurangi stres, Liza menyarankan untuk melakukan olahraga. "Kegiatan olahraga sederhana bisa menjadi solusi bagi Ibu di rumah dalam menjaga serta mengembalikan kestabilan psikologis Ibu setalah melahirkan," paparnya saat ditemui di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, Liza mengatakan ketika olahraga tubuh akan sehat dan segar, alhasil suasana hati pun ikut merasa bahagia.

"Kalau cuma duduk diem, justru tambah stres. Jadi sebaiknya paksakan untuk berolahraga. Karena lingkungan kita tidak bisa membantu, hanya diri kita yang dapat membantu," paparnya.

Selain itu, ada enam alasan olahraga dapat membuat bahagia.

1. Merangsang pengeluaran dopamin

2. Menurukan level stres

3. Menambahkan energi semangat

4. Meningkatkan kepercayaan diri

5. Melepaskan kecemasan

6. Mengurangi sulit tidur

 

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading