Sukses

Lifestyle

5 Fakta Unik Mata Yang Tidak Pernah Anda Sangka

Manusia dilahirkan dengan indera yang akan membantu mereka untuk melihat, merasakan, mencium dan mendengar. Akan tetapi, dari segala indera yang ada, mata memiliki peranan penting dengan fakta menakjubkan di dalamnya. Dengan mata, segala aktifitas kita di dunia dapat dilakukan seperti melihat, mengemudi, membaca dan banyak hal lainnya. Bahkan islandcrisis.net, sekitar 80 persen dari semua informasi otak kita diperoleh dengan menggunakan indera penglihatan yakni mata.

Namun, tahukah Anda, bahwa mata memiliki fakta yang bahkan akan membuat Anda terkejut setelah mengetahuinya. Ini dia ke 5 fakta unik mengenai mata.

1. Bayi Yang Baru Lahir Pasti Buta Warna

Kedengarannya memang aneh tapi hal ini benar adanya. Tahukah Ladies? ketika kita dilahirkan sesungguhnya kita tidak dapat melihat warna loh. Akan tetapi hal ini tentu saja bukan masalah penting mengingat kita tak perlu menghafal warna pakaian kita kan. Selama satu tahun pertama mata kita mulai berkembang dan mengenal beberapa warna yang kita lihat. Hal menarik lainnya adalah bahwa sekitar 8 persen dari laki-laki dimungkinkan mengalami buta warna sedangkan wanita tidak pernah benar-benar buta warna. Itulah sebabnya mengapa lelaki sering dianggap tak piawai di dunia fashion

2. Mengapa Hidung Mengeluarkan Air Ketika Menangis

Ketika kita menangis sesungguhnya kita telah memproduksi air yang berasal dari kelenjar di bawah alis mata. Sehingga mata kita pun mulai mengeluarkan air mata, dan air mata inilah yang  kemudian melintas di mata menuju puncta. Puncta sendiri terletak di bagian mata paling dalam yang terletak di pusat hidung. Air mata kemudian melewati puncta dan menuju saluran naso (lakrimal yang mengalir ke hidung). Oleh karena itu air mata turun melalui mata menuju ke bagian dalam hidung, sehingga hidung pun mulai mengeluarkan cairan seiring ketika seseorang menangis.

3. Air Mata Tak Hanya Mengandung Air

Kebanyakan orang berpikir bahwa air mata hanya mengandung air saja. Tetapi sesungguhnya air mata memiliki kandungan yang  jauh lebih kompleks dari itu . Ada 3 komponen utama pada kandungan air mata, yakni lemak, lendir, dan air. Tak hanya itu, air mata  juga mengandung enzim dan sel darah air yang menjauhkan mata kita dari ancaman infeksi ketika ada sesuatu yang memasuki mata kita.

4. Mata Memiliki Lebih Dari Satu Juta Komponen

Anda pasti setuju jika mengetahui bahwa mata kita memiliki komponen yang sangat kompleks dan membingungkan. Mata memiliki 1 juta komponen berbeda-beda yang berada di dalamnya. Hal inilah yang membuat mata mampu mengidentifikasi berbagai warna dan bentuk berjuta-juta objek.

5. Anda Tidak Benar-Benar Melihat Dengan Mata

Setelah mengetahui betapa mengagumkan mata kita, hal ini tentunya akan membuat Anda lebih terkejut lagi dengan fakta yang ditemukan mengenai mata. Secara teknis manusia sebenarnya melihat dengan otak, bukan dengan mata. Mata sebenarnya memiliki tugas mengumpulkan semua informasi tentang objek yang mereka lihat dan kemudian mengirimkannya ke otak untuk diproses . Kemudian di sinilah objek itu mulai dikumpulkan dan dapat dibedakan bentuk dan warnanya oleh mata.

Nah, dengan adanya fakta ini, maka ada baiknya bagi kita untuk tetap menjaga kesehatan mata dengan tes secara teratur yah Ladies.

(vem/oem)
;
Loading