Sukses

Lifestyle

Cara Menolak Teman Yang Suka Ngutang Uang

Punya teman yang suka pinjam uang bisa jadi dilema besar. Di satu sisi kasihan, tapi di sisi lain ada rasa khawatir dan takut uang tidak kembali. Anda boleh kok menolak permintaan teman Anda, apalagi jika dia sangat sering meminjam uang dan waktu mengembalikannya sering terlambat.

Berdasarkan pengalaman penulis, inilah cara halus menolak permintaan teman yang suka ngutang.

"Aku juga nggak punya uang, maaf ya.."

Kalau Anda menolak begini, sudah terlihat jelas bahwa Anda memang tidak punya uang (walaupun sebenarnya ada). Kadang kebohongan kecil ini bisa menyelamatkan keuangan Anda, terlebih lagi jika yang meminjam uang dikenal hobi pinjam uang. Kalau yang pinjam uang ngotot.. katakan..

"Ada sih.. tapi buat bayar kos, bayar tagihan, dll,"

Ya, Anda memang punya uang, tapi keperluan Anda juga banyak. Untuk penolakan seperti ini, Anda harus punya alasan membayar hal-hal yang memang penting, misalnya bayar kos, belanja bulanan, bayar tagihan handphone, kirim uang ke orang tua dan sebagainya. Hindari alasan beli baju, beli tas, perawatan salon, dan yang seperti itu, karena Anda akan dianggap punya banyak uang.

"Lho.. padahal aku mau pinjem uang ke kamu,"

Alasan seperti ini bisa dibilang sangat cepat menolak keinginan ngutang. Dia ingin pinjam uang, Anda bisa pura-pura butuh uang juga dan akan meminjam uang ke dia. Kalau sudah begini, biasanya si peminjam akan mundur.

"Yang kemarin aja belum kamu kembalikan,"

Kalau Anda tipe ceplas-ceplos dan mulai terganggu dengan kebiasaan teman yang pinjam uang (tetapi sulit ditagih dan banyak alasan), jawaban seperti ini bisa Anda berikan. Namun agar dia tidak sakit hati, tidak perlu berteriak atau marah ketika mengucapkan kalimat ini.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda pakai. Semoga bermanfaat.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading