Sukses

Food

Kumpulan Menu Resep Nasi Berkatan Enak, Gampang dan Cepat

Salah satu tradisi khas orang Indonesia adalah mengadakan selametan, kenduri atau syukuran untuk momen-momen tertentu. Selametan atau syukuran tak lengkap tanpa adanya nasi berkatan atau nasi bancakan sebagai wujud syukur yang disantap seluruh keluarga.Menu dalam makanan hantaran ini bermacam-macam. Yang pasti ada adalah nasi, sedangkan lauknya bisa beragam. Mulai dari mie goreng, ayam bali telur, sambal goreng kentang ataupun urap-urap, tergantung selera sang pembuatnya. Meski sederhana, menu nasi bancakan ini enak sekali disantap lho, Ladies.Nah, jika kamu akan mengadakan acara hajatan tapi ingin membuat nasi bancakan sendiri, redaksi Vemale.com mengumpulkan beberapa resep makanan yang biasanya ada dalam menu nasi bancakan. Resep-resep ini mudah sekali dipraktekkan dan tidak membutuhkan banyak biaya serta waktu. Kamu pun bisa menggunakan kumpulan resep ini sebagai ide wirausaha. Yuk catat resep-resepnya, berikut ini.

(vem/wnd)

Resep Nasi Gurih Pandan

Dalam nasi bancakan, nasi yang gurih dan wangi akan menggugah selera makan. Tak ada waktu membuat nasi kuning tetapi ingin menyuguhkan nasi putih yang berbeda? Kamu bisa mencoba resep nasi gurih pandan berikut ini.Bahan:500 g   beras 100 ml  santan kental15 Helai daun pandan500 ml  air1 sdm   garamCara membuat:

  1. Iris daun pandan, blender bersama setengah bagian air, saring, lalu peras airnya. Aduk air pandan bersama santan, dan sisa air.
  2. Kukus beras hingga panas dan masak campuran air pandan hingga mendidih. Matikan api.
  3. Campur beras panas dengan air pandan panas, aduk rata dan biarkan semua air terserap habis.
  4. Kukus kembali beras selama 20 menit. Angkat.

Resep Sambal Goreng Kentang Ati Sederhana

Rasanya nikmat dan bikin berselera, ternyata sambal goreng kentang ati bisa dibuat dengan mudah lho. Bahan-bahannya pun terbilang murah dan sederhana. Kamu bisa membuatnya sehari sebelum acara kendurian dilangsungkan kemudian dipanaskan lagi agar bumbunya lebih meresap.Bahan2 buah kentang ukuran besar (kupas kulitnya, potong dadu)3 buah hati dan ampela ayam (potong dadu sesuai selera)2 lembar daun jeruk 200 ml santan kelapa 1 lembar daun salam 3 cm lengkuas (memarkan) Gula merah (secukupnya, sisir halus) Garam (secukupnya) Minyak (secukupnya) Air asam jawa (secukupnya)Bumbu7 buah cabai merah besar (buang isi, haluskan)7 siung bawang merah (haluskan) 5 siung bawang putih (haluskan) Kaldu ayam bubuk (secukupnya) 5 butir cabai rawit (haluskan) 2 cm jahe (haluskan) 5 butir kemiri (haluskan) 1 buat tomat (belah 6)Cara Membuat

  1. Panaskan minyak goreng, goreng kentang hingga warnanya kecokelatan. Goreng juga hati dan ampela ayam hingga matang. Angkat lalu tiriskan dan sisihkan.
  2. Kurangi minyak dalam wajan lalu panaskan kembali dan tumis bumbu halus. Jika aroma bumbu sudah harum, masukkan air asam jawa, gula merah, daun jeruk, daun salam dan lengkuas.
  3. Masukkan kentang dan hati serta ampela lalu aduk hingga rata. Aduk hingga bumbu meresap ke dalam masakan dengan baik.
  4. Tambahkan santan kelapa lalu masak hingga matang. Biarkan hingga air santan surut (kering) dan masakan mendidih.
  5. Jika sudah, angkat lalu sajikan. Taburi sambal goreng kentang hati dengan bawang goreng agar rasanya makin nendang.

Resep Ayam Goreng Bumbu Gampang

Nasi berkatan tak lengkap tanpa adanya ayam goreng. Nggak perlu bingung dengan resep ayam goreng yang bikin pusing. Kamu bisa bikin ayam goreng dengan bumbu gampang ini.Bahan:1 ekor ayam, buang kepala dan kakinya, potong jadi 8500 ml air kelapa2 lembar daun salam1 tangkai sereh, memarkan1/2 sdm garam1 sdt gula pasir1 sdt asam larutkan dengan sedikit airBumbu yang dihaluskan:8 siung bawang merah3 siung bawang putih2 buah cabai merah1/2 sdm ketumbarCara Memasak:

  1. Rebus bumbu halus dengan air kelapa, masukkan daun salam. Tunggu hingga mendidih.
  2. Masukkan ayam, rebus hingga ayam berubah warna.
  3. Tambahkan garam, gula pasir dan air asam.
  4. Rebus kembali ayam hingga air menyusut, gunakan api kecil
  5. Angkat ayam, tiriskan.
  6. Goreng ayam dengan api sedang hingga berwarna kuning keemasan. Angkat, tiriskan.
  7. Sajikan ayam goreng sederhana dengan nasi hangat, sambal dan lalapan.

Resep Bihun Goreng Sederhana 15 Menit Jadi

Pelengkap yang biasanya ada dalam menu nasi berkatan adalah bihun goreng. Menu bihun goreng rekomendasi Vemale.com adalah yang satu ini karena hanya butuh waktu 15 menit membuatnya.Bahan:200 gram mi bihun (rendam dulu dengan air hangat hingga empuk, tiriskan)4 siung bawang merah, rajang halus4 siung bawang putih, rajang halus1 sdm minyak sayurBumbu:250 cc air1 sdm kecap asin1 sdm kecap manis1 sdt saus ikanCara Membuat:1. Panaskan minyak di wajan, tumis bawang merah, saat sudah layu, masukkan bawang putih dan tumis selama 10 detik.2. Masukkan mi bihun, tuangkan semua bahan bumbu.3. Aduk rata mi agar tercampur dengan bumbu.4. Masak hingga mi menyerap air yang dituang, kurang lebih 5 menit.

Resep Urap-Urap Lezat

Tambahkan menu sayuran agar nasi berkatan lebih sehat dan bergizi. Salah satu masakan sayur yang menggugah selera dan cocok sebagai menu nasi berkatan adalah urap-urap. Berikut resepnya.Bahan-bahan:    200 gr kepala parut    1 ikat kacang panjang    1 buah wortel    1 bungkus kecambahBumbu kelapa urap:    2 siung bawang putih    3 siung bawang merah    3 buah cabai rawit    3 buah cabai merah    1 cm terasi    1 ruas kencur    3 lembar daun jeruk    gula merah dan garam secukupnya    daun pisang secukupnyaCara membuat:

  1. Haluskan bumbu kelapa parut, campur dengan kelapa parut hingga rata. Bungkus dengan daun pisang. Kukus hingga matang atau kurang lebih 20 menit.
  2. Potong-potong sayur dan rebus hingga matang, sisihkan.
  3. Campur kelapa parut bumbu dengan sayuran yang sudah direbus. Sayur urap-urap siap dinikmati dengan ikan asin dan nasi hangat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading