Sukses

Lifestyle

Dibuang Sayang, Manfaatkan Kulit Jeruk Untuk Rumah Anda

Jika Anda langsung membuang kulit jeruk usai mengupasnya, ada baiknya urungkan dulu hal tersebut.  Menurut green living expert, Amanda Hearn, dalam laman greenliving.about.com, kulit jeruk mengandung banyak kegunaan yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga keharuman di rumah Anda. Yuk, simak.

  • Pembersih Buatan. Kulit jeruk dapat menjadi pembersih alami yang baik untuk membersihkan rumah. Caranya cukup mudah, rendam kulit jeruk di dalam cuka dan diamkan selama satu hingga dua minggu. Kemudian, campurkan air dengan perbandingan 50:50 dan mulailah membersihkan rumah seperti biasa. Wangi alami dari kulit jeruk dapat membersihkan sekaligus mengharumkan rumah.
  • Pewangi Ruangan. Masukkan kulit jeruk ke dalam panci yang berisi air, masaklah dengan suhu rendah kemudian biarkan hingga air mendidih. Kulit jeruk akan mengeluarkan minyak alami yang berfungsi untuk mengharumkan ruangan. Tambahkan satu batang kayu manis atau daun kemangi agar wanginya lebih terasa.
  • Menetralisir Bau di Dalam Kulkas. Kulkas menjadi tempat untuk menyimpan berbagai macam makanan dengan aroma yang beragam. Untuk menetralisir wangi yang kurang menyenangkan tersebut, kulit jeruk bisa menjadi salah satu cara ampuh. Caranya, letakkan kulit jeruk pada mangkuk dan simpan di dalam kulkas. Wangi kulit jeruk akan menetralisir sekaligus menyegarkan kulkas.
  • Membersihkan Talenan. Talenan atau papan kayu untuk memotong sayuran bisa menjadi sarang bakteri. Untuk itu, diperlukan pembersihan menyeluruh agar kuman-kuman di dalamnya hilang. Caranya, gosokkan kulit jeruk pada talenan, bilas, dan keringkan di tempat panas. Kulit jeruk berguna sebagai disinfektan yang bisa menghilangkan bakteri.

So, mulai sekarang pilah dulu sampah yang akan Anda buang ya. Jika, bisa dimanfaatkan dan didaur ulang, kenapa tidak? Semoga bermanfaat.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading