Sukses

Lifestyle

Cara Memulai Kebiasaan Baru Hanya Dalam 20 Detik Per Hari

Jika diteliti lebih jauh, sebenarnya ada banyak hal yang belum pernah kamu lakukan dalam hidup kan? Atau mungkin kamu punya beberapa tujuan yang sudah lama kamu angankan namun sampai saat ini masih belum kamu lakukan?

Mengapa tidak memulainya sekarang, karena kamu sebenarnya bisa membangun kebiasaan baru dalam hidupmu hanya dalam 20 detik saja. Tak percaya? Ini saja yang perlu kamu lakukan setiap hari.

    Mulailah hal kecil

    Buat tujuan yang masuk akal, seperti misalnya menghilangkan kebiasaan begadang. Kamu bisa tidur malam lebih awal, menghentikan kegiatan pada jam 9 atau 10 malam. Matikan handphone dan tidurlah. Cukup buat komitmenmu dalam 20 detik dan lakukan karena kamu ingin mengubah sesuatu dalam hidupmu.

    Jadwalkan kebiasaanmu setiap hari

    Jika kamu sedang membangun kebiasaan bangun pagi, set alarm pada waktu tertentu setiap pagi harinya. Dengan menjadwalkan waktu bangun pagi hari, kamu jadi lebih teratur dan memanfaatkan waktu secara optimal secara tak sadar.

    Pertahankan kebiasaan yang mulai terbangun

    Ketika kebiasaan kecil sudah mulai berjalan, tetaplah menjalaninya meski terkadang ingin berhenti. Jika kamu membiasakan olahraga 10 menit per harinya, konsisten lah melakukan hal ini. Kamu bisa menyemangati diri sendiri dengan cara melingkari kalender setiap kali kamu berhasil melakukannya.

    Jangan terlalu keras dengan diri sendiri

    Ini yang penting, jika tujuanmu adalah melakukan push-up 3 kali sehari, dan kamu sudah terbiasa, jangan lantas menambahkan jadi 10 kali sehari. Jika tujuanmu terlalu sulit, kamu bisa berhenti di tengah jalan. Lakukan secara bertahan, perlahan namun berkelanjutan.

Mengejutkan, ternyata hanya butuh 20 detik saja untuk bisa memulai kebiasaan baru dalam hidupmu. Benar kan? Yang kamu butuhkan hanya konsistensi setiap harinya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading