Sukses

Lifestyle

Gini Nih, Cara Merawat Anjing Peliharaan Dengan Baik & Benar

Banyak yang bilang anjing ialah hewan yang sangat setia. Tak hanya bertugas menjadi penjaga rumah, hewan dengan bulu tebal ini juga dapat meredakan stres lho. Inilah yang membuat gadis cantik bernama Dea memutuskan untuk memelihara seekor anjing di rumahnya. Bahkan, ia sudah sangat dekat dengan anjingnya sejak ia masih kecil.

"Dari kecil keluarga mamah saya itu sudah suka banget pelihara anjing. Sebenernya sih utamanya pelihara anjing buat jaga rumah tapi yah sekalian jadi temen hehe. Terus faktanya, anjing itu adalah hewan paling setia apalagi sama majikannya. Terutama kalau aku pas sendiri di rumah. Kalo bosen atau capek saat pulang kerja, melihat anjing tuh udah langsung hilang rasa capeknya." Ucap Dea sambil tersenyum.

Dea dan anjing peliharannya | Photo: Copyright Doc Vemale.com

"Katanya kalau kita punya peliharaan, itu bisa mengurangi bahkan menghilangkan rasa stres juga. Anjingku namanya Mongki. Ia anjing yang lucu. Uniknya lagi, mukanya Mongki tuh lucu alias baby face walaupun sekarang umurnya udah 13 tahun. Mukanya tetep kelihatan lucu dan menggemaskan. Mongki juga baik dan suka banget diajak bercanda sama main. Dulu waktu masih kuliah aku rajin banget ngajak dia jalan sore2 ke taman biar dia nggak bosen. Aning kan juga butuh refreshing," ungkap Dea sambil tertawa.

Anjing yang telah menemaninya selama 13 tahun ini ia beri nama Mongki. "kata tante ku dia kalo duduk dari belakang tampak seperti monyet hehehe, jadi kita panggil dia Mongki," tambah Dea. Mongki sendiri ialah anjing tipe benji dengan ciri-ciri berbulu panjang. Mengurus anjing tipe ini sama seperti anjing pada umumnya, seperti diberi makan dua kali sehari, siang dan malam. Disela-sela waktu bisa diberi camilan seperti biskuit atau roti, pada pukul 9-10 pagi dan 15-16 sore.

Agar anjingnya semakin setia, Dea selalu rutin mengajak anjingnya bermain dan jalan-jalan | Photo: Copyright Doc Vemale.com

"Anjingku suka sekali biskuit. Dari anjingku masih kecil aku selalu membiasakan dia makan nasi yang dicampur ayam, hati rebus atau dog food," tambah Dea. Wanita cantik ini pun memberikan tips bagi kamu yang ingin merawat anjing. Tips dari Dea tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Anjing tidak boleh dikasih makan yang asin, cokelat dan telur karena itu akan berpengaruh terhadap bulunya. Makanan itu bisa membuat bulunya yang biasa rontok jadi semakin parah. Itu makanya aku kalau kasih makan cuma ayam rebus, benar-benar cuma ayam direbus aja terus dicampur nasi. Nggak usah pakai bumbu apa-apa lagi.
  2. Mandikan dia minimal 2-3 bulan sekali. Kalo aku sih biasa mandiin dia sendiri di rumah aja, pake shampoo anjing yang banyak dijual di supermarket atau pet shop terus mandinya pake air hangat biar dia nggak kedinginan. Abis dimandiin, dihandukin terus dikeringin pake hairdryer.
  3. Kalo dia sakit bagaimana? Lihat dulu dia sakitnya apa. Kadang anjing cuma lemes aja atau kalau dia muntah biasanya anjing atau kucing itu bisa menyembuhkan sendiri dengan makan rumput atau daun-daunan. Cuma kalau dia sakitnya sampe parah ya dibawa ke dokter. Jangan lupa untuk melakukan vaksin suntik rabies anjing kamu setidaknya  3 sampai 6 bulan sekali.


"Intinya sih dia akan baik-baik saja selama kita treatment dia dengan baik. Caranya ya itu, kasih makan tepat waktu, kasih bahan makan yang benar dan menyehatkan sama bikin dia happy dengan ngajak dia main atau jalan-jalan. Tak hanya senantiasa sehat, dia pun akan setia pada kita bahkan anjing juga bisa ngelindungin kita dari orang jahat. Anjing adalah hewan yang punya feeling kuat sama orang jahat" jelas Dea.

Mongki, anjing peliharaan milik Dea | Photo: Copyright Doc Vemale.com

Well Ladies, itulah tips merawat anjing yang baik dan benar ala Dea. Kalau kamu yang punya anjing atau kucing juga di rumah, punya kita-kita dalam merawat hewan peliharaan dengan baik dan benar pula nggak sih? Kalau punya, jangan lupa untuk share di kolom komentar ya. Semoga informasi ini bermanfaat.



(vem/asp/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading