Sukses

Lifestyle

5 Tips Mencegah & Menjaga Peralatan Dapur dari Karatan

Punya banyak peralatan dapur di rumah dan suka masa, otomatis kamu juga harus bisa merawat dan menjaga kebersihan peralatan dapur, terutama yang berbahan logam agar tidak karatan. karena beberapa peralatan dapur jika jarang digunakan akan menimbulkan karat.

Wah, nggak mau kan punya peralatan dapur bagus tapi sudah karatan? Sayang banget kalau dibuang hanya karena karatan, karena kamu bisa menyelamatkannya. Kalau punya peralatan masak berbahan aluminium atau logam lainnya, cek tipsnya berikut ini.

1. Simpan di tempat yang bersih dan kering
Hindarkan peralatan dapur dari perubahan udara yang ekstrem, karena bisa menyebabkan pengaratan. Oleh karena itu, pastikan peralatan masak bersih dan kering. Tempatkan dalam ruangan dengan sirkulasi udara yang bagus sehingga tidak lembab dan pengap yang memicu karat.

2. Sering gunakan peralatan masak
Gunakan peralatan masak setidaknya sebulan sekali. Dengan begitu, peralatan masak tidak akan terlantar dan kotor. Adanya kotoran dan lembab bisa menyebabkan karat sehingga menimbulkan penipisan lapisan alat masak hingga berlubang. Akan lebih baik jika tidak membeli banyak peralatan masak untuk menghindari penumpukan alat masak yang jarang digunakan.

Menjaga alat masak agar tidak karatan/copyright Shutterstock.com

3. Jangan sampai hangus
Bila peralatan masak hangus, kejadian ini cenderung akan mengurangi lapisannya. Usahakan tidak memasak sampai hangus. Namun, bila hal itu terjadi, segera dibersihkan dengan direndam lebih dahulu. Dengan begitu kerak pada wajan atau panci akan mudah dibersihkan.

4. Lapisi dengan minyak
Untuk menjaga permukaan penggorengan atau panci agar tidak berdebu, berkarat dan berjamur, lebih baik oleskan minyak sayur bersih tipis-tipis saja di permukaan logam. Cara ini efektif mencegah karat.

5. Bungkus dengan koran atau plastik
Setelah dibersihkan dan dikeringkan, lapisi atau bungkus peralatan masak yang akan disimpan dengan kertas koran atau plastik untuk menjaganya tetap kering dan untuk melindunginya dari udara sehingga mengurangi risiko karat.

Itu dia tips menjaga peralatan masak agar tidak berkarat. Semoga bermanfaat ya.

(vem/feb)
;
Loading