Sukses

Lifestyle

Agar Olahan Daging Rendang Empuk Sempurna, Begini Tipsnya

Sejak beberapa tahun terakhir, rendang telah menjadi salah satu makanan yang terkenal di berbagai belahan dunia. Kelezatan rendang bahkan telah diakui dunia dan dinobatkan sebagai salah satu makanan paling lezat.

Ngomongin soal rendang, olahan dari daging ini memiliki cita rasa yang khas dengan rempah yang kaya dan tekstur yang lembut serta empuk menggugah selera. Namun sayang, ketika mengolah rendang sendiri di rumah, tidak jarang kita akan menemukan daging rendang yang alot, terkesan masih mentah dan sulit buat dikunyah.

Lantas, bagaimana cara memasak rendang agar empuk sempurna, bumbunya meresap dan rasanya enak menggugah selera? Berikut tips agar olahan daging rendang empuk sempurna.

Pemilihan Daging

Pastikan untuk memilih daging yang masih baru dan kualitasnya baik. Pilih daging yang rendah lemak dan yang masih segar.

Pilih daging segar dan baru untuk dapatkan olahan rendang yang enak sempurna/copyright thinkstockphotos.com

Pipihkan Daging

Setelah memastikan bahwa daging yang akan kamu gunakan adalah daging dengan kualitas baik, cuci bersih daging kemudian pipihkan. Pipihkan daging tipis-tipis kemudian pukul-pukul menggunakan alat pemukul daging agar tekstur daging jadi makin empuk. Rebus daging dengan air yang telah mendidih kemudian tiriskan, olah dengan bumbu rendang yang telah disiapkan.

Rebus Bersama Daun Pepaya

Kamu juga bisa memanfaatkan daun pepaya untuk membuat daging jadi empuk sempurna. Rebus daging bersama daun pepaya sebelum diolah dengan bumbu rendang. Atau, kamu bisa membungkus daging yang telah dibumbui dengan daun pepaya kemudian masak hingga matang dan empuk.

Manfaatkan Nanas

Agar daging empuk sempurna, tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah memanfaatkan buah nanas. Parut atau blender nanas muda kemudian balurkan ke daging dan diamkan kurang lebih selama 1 jam. Cuci bersih daging sebelum dimasak.

Itulah tips mengolah daging rendang agar empuk sempurna dan menggugah selera. Selain tips di atas, tips lain yang tak boleh dilupakan adalah masak rendang menggunakan api dengan suhu sedang. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Sumber:Liputan6.com

(vem/mim)
Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Mencegah Santan Tidak Pecah dengan Tepung Beras
Artikel Selanjutnya
Cara Mengupas Telur Rebus Agar Tidak Lengket