Sukses

Lifestyle

Lebih Baik Resign atau Menunggu Diberhentikan Kerja? Yuk Intip Ulasannya!

Kita pasti akan galau ketika mendengarkan kalau perusahaan tempat kita bekerja sedang collapse dan akan memberhentikan beberapa pegawainya. Apakah kita salah satu yang akan di PHK? Lalu, apakah kita sebaiknya mengundurkan diri saja untuk bermain aman, ataukah menunggu keputusan perusahaan untuk memberhentikan kita?

Nah, sebelumnya, kita tentu harus tahu apa konsekuensinya kalau kita mengundurkan diri ataupun diberhentikan kerja. Berikut ulasannya, menurut versi laman jobsearch.about.com.

Kelebihan Kalau Mengundurkan Diri
Ada satu poin yang sangat positif dari pengunduran diri ini, yaitu Anda akan mendapatkan image yang lebih positif ketika Anda mendapatkan “Kenapa Anda berhenti bekerja?” dari perusahaan yang akan mempekerjakan Anda nantinya. Anda tidak perlu menjelaskan panjang lebar, karena memang alasannya adalah karena Anda melakukan pengunduran diri dari perusahaan yang bersangkutan. Selain itu, dengan melakukan pengunduran diri, Anda bisa menegosiasikan besarnya uang pesangon yang akan Anda dapatkan dari perusahaan. Demikian juga bagi pihak perusahaan, mereka tidak perlu lagi repot-repot mengurus pemberhentian kerja untuk Anda.

Yang Harus Diketahui Tentang Pengunduran Diri
Kalau Anda mengundurkan diri sekarang, sementara tidak ada pekerjaan selanjutnya yang Anda tuju, Anda akan mengalami kekosongan selama mencari pekerjaan yang baru. Dan ini tentunya akan sangat mempengaruhi keadaan keuangan Anda.

Kalau di luar negeri, kita tidak akan mendapatkan uang yang diberikan oleh negara secara rutin atau yang dikenal dengan istilah unemployment benefit kalau kita mengundurkan diri dari pekerjaan. Unemployment benefit ini hanya akan diberikan kepada mereka yang di PHK saja.

Beberapa Alasan yang Membuat Anda Bertahan
Ada beberapa alasan yang menahan Anda untuk bertahan di tempat kerja. Alasan yang pertama mungkin adalah karena Anda mempertimbangkan kalau perusahaan lain akan lebih melirik Anda kalau posisi Anda masih bekerja daripada kalau Anda pengangguran.

Selain itu, Anda juga tidak perlu kerepotan menjawab pertanyaan ketika interview di perusahaan yang Anda tuju nantinya. Repot juga kan kalau harus menjelaskan kenapa Anda sampai diberhentikan dari tempat kerja? Nah, karena alasan inilah beberapa orang mencoba untuk mempertahankan pekerjaan yang lama. Apalagi, dengan memiliki pekerjaan, bukan berarti Anda tidak bisa melamar ke perusahaan yang lainnya.

Dikatakan juga bahwa ketika seorang pegawai menjalani interview dengan perusahaan yang baru, maka ia akan lebih percaya diri menghadapinya ketika masih dalam keadaan bekerja daripada ketika mereka menjadi pengangguran.

Nah, setelah memperhatikan ulasan di atas, kini Anda bisa menentukan pilihan ya, apakah akan mengundurkan diri atau menunggu pihak perusahaan untuk mengambil keputusan. Yang terpenting, sesuaikan dengan keadaan dan juga kemampuan Anda. Semoga bermanfaat, Ladies.

Oleh: Septia Ningrum

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading