Sukses

Lifestyle

Cinta Memang Buta, Stop Kekerasan dalam Pacaran

Fimela.com, Jakarta Saat ini kasus kekerasan terhadap perempuan yang terjadi dalam hubungan pacaran sudah mencapai angka yang memprihatinkan, hal tersebut terjadi karena adanya situasi yang biasa disebut toxic relationship dan tidak disadari oleh perempuan.

Toxic Relationship, situasi dimana sebuah hubungan personal yang dimulai dengan berlandaskan cinta namun malah membawa energi negatif dalam kehidupan pihak yang terlibat. Dalam hubungan tersebut biasanya pihak pria mendominasi perempuannya, mereka melibatkan rasa tidak nyaman, tidak aman, cemburu yang berlebihan hingga ke-posesif-an. Hal tersebut dapat mengarah terhadap tindakan negatif, mulai dari kekerasan verbal seperti membentak dengan kata kasar hingga yang paling parah adalah kekerasan fisik. Tidak menutup kemungkinan terjadi pemaksaan atau kekerasan dalam bentuk seksual dalam hubungan seperti itu.

Sebuah hubungan seharusnya menciptakan rasa bahagia dan produktif namun hubungan yang beracun selalu menguras tenaga dalam bentuk mental, emosi dan psikis para korban. Serta tidak adanya rasa menghargai, padahal rasa menghargai adalah salah satu fondasi untuk membangun hubungan yang sehat. Hubungan semacam ini tentu sangat membahayakan bagi perempuan karena dapat memberi pengaruh terhadap emosi negatif yang berisiko pada tindakan yang kasar hingga kekerasan seksual.

Kalau ternyata Sahabat Fimela berada di dalam sebuah toxic relationship, segera pergi dari sana, melangkah keluar, lepaskan dan melangkah maju ke dalam lingkungan yang dapat menciptakan energi yang positif. Jika hubungan tersebut tidak menghadirkan suasana dan energi yang positif, maka hal itu tersebut harus dipertanyakan apakah hubungan tersebut masih memiliki potensi untuk diperbaiki, yang harus menentukan hal itu. Pilihlah mana yang baik–baik saja dan mana yang tidak, karena terkadang semua bentuk racun yang ada dapat membutakanmu dan tidak dapat menentukan dengan jelas apa yang harus dilakukan. Karena segala bentuk racun yang ada dalam sebuah hubungan bukanlah hal yang dapat ditoleransi. Percayalah bahwa Sahabat Fimela pantas mendapatkan orang yang lebih baik, jangan pernah buang waktumu bersama orang yang salah, karena itu hanya akan menghalangimu dari segala hal baik yang akan datang padamu, percaya bahwa kamu memang pantas untuk dihargai dan dicintai.

Sebuah hubungan memang memerlukan perjuangan dan pengorbanan, namun harga diri, cinta terhadap dirimu sendiri, kepercayaan diri dan kebahagiaan dirimu harus selalu menempati urutan pertama. Karena hubungan yang dijalin berdasarkan cinta, ia harus selalu menjaga, memelihara, mengisi dan terus menghadirkan energi yang positif.

We are women, we are strong, we are independent, jangan pernah takut untuk pergi dari situasi yang memang tidak baik untukmu. Jangan pernah biarkan pria yang bilangnya cinta padamu justru menghancurkan hatimu. Kunci dari sebuah hubungan adalah kepercayaan. Jika memang sudah tidak dapat dipertahankan pergi dan tinggalkan. Percayalah, dirimu tidak pernah berjalan sendiri.

Ditulis oleh Hasna Safira, 19 tahun, Mahasiswa PR yang tinggal di Jakarta. Young and independent women. Write to stated her mind. Tulisan telah melalui proses editing untuk kepentingan redaksi.
Loading