Sukses

Lifestyle

4 Cara Meringankan Batuk dan Radang Tenggorokan

Fimela.com, Jakarta Penyakit batuk atau sakit tenggorokan lumrah banget kita temukan sehari-hari, terlebih di musim hujan begini. Meski tidak terlalu serius, tapi batuk dan sakit tenggorokan sangat mengganggu kenyamanan.

Untungnya sakit ini masih bisa kita obati dengan cara yang mudah. Kalaupun perlu obat, kita masih bisa pakai obat-obatan alami yang dibuat dari bahan-bahan dapur sendiri. Taoi sebagai pertolongan pertama, coba atasi batuk dan sakit tenggorokan dengan cara ini dulu, Sahabat Fimela.

1. Banyak konsumsi air putih

Tidak ada perdebatan, air putih amat dibutuhkan untuk memulihkan tenggorokan yang terasa gatal akibat meradang. Tidak ada minuman manis, kopi, ataupun alkohol. Minum air putih sebanyak-banyaknya agar tubuh dan tenggorokan terhidrasi.

2. Mandi air hangat

Selain untuk merelaksasi tubuh, uap dari air hangat yang terkumpul di dalam ruangan kamar mandi akan membantu melegakan saluran pernapasanmu. Dengan cara ini batukmu bisa lebih ringan.

 

3. Minum teh jahe

Bumbu dapur yang satu ini sudah tak diragukan lagi khasiatnya untuk tubuh, termasuk untuk mengatasi batuk. Masukan irisan jahe secukupnya ke dalam segelas teh panas, lalu tambahkan madu dan lemon untuk meredakan peradangan di tenggorok.

4. Minum air garam

Belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan khasiat air garam untuk mengatasi batuk, tapi tidak ada salahnya dicoba. Masukkan 1 sdt garam ke dalam segelas air hangat, aduk sampai larut lalu pakai airnya untuk berkumur. Ulangi 3x sehari seperti minum obat. Ingat, air garam ini tidak untuk diminum, ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading