Sukses

Lifestyle

Kelebihan dan Kekurangan Tipe Kepribadian ESTJ, Cari Tahu di Sini yuk!

Fimela.com, Jakarta Sebelumnya kita sudah membahas soal ciri-ciri tipe kepribadian ESTJ. Seorang ESTJ umumnya dikenal sebagai orang yang menyukai hal-hal praktis tapi bisa sangat keras kepala bila dipaksa mengubah sesuatu atau kebiasaan yang selama ini sudah dijaganya. Sebagai seorang ekstrovert, tipe kepribadian ESTJ ini memiliki kelebihan dan kekurangannya yang cukup menarik.

David Keirsey, kreator Keirsey Temperament Sorter menyebutkan bahwa sekitar 8 hingga 12 persen penduduk dunia memiliki kepribadian ESTJ. Apakah kita termasuk yang memiliki kepribadian ESTJ ini? Untuk memahami lebih jauh soal ESTP, yuk kita ungkap sejumlah kelebihan dan kekurangan yang dimiliki seorang ESTJ seperti yang dilansir dari verywellmind.com berikut ini.

Kelebihan Seorang ESTJ

1. Menyukai hal-hal praktis dan realistis.

2. Dapat diandalkan.

3. Rasa percaya dirinya tinggi.

4. Pekerja keras.

5. Sangat bisa menjaga tradisi atau nilai-nilai aturan yang ada.

6. Punya kemampuan menjadi pemimpin yang baik.

Saat membuat keputusan, seorang ESTJ berusaha melandasinya dengan informasi yang objektif dan logis. Bisa diandalkan untuk membuat keputusan yang cepat sehingga punya potensi besar menjadi pemimpin yang baik. Dalam menjaga tradisi, nilai-nilai, dan kebiasaan yang ada, seorang ESTJ juga bisa sangat diandalkan.

Kekurangan Seorang ESTJ

1. Kurang peka.

2. Tidak bisa fleksibel.

3. Susah mengekspresikan perasaan pribadi.

4. Suka berdebat.

5. Suka memerintah (bossy).

Saat mengutarakan pendapat atau opini bisa sangat blak-blakan. Kadang saking kebablasannya, dia bisa menyinggung perasaan orang lain. Karena kurang peka atau kurang sensitif dengan perasaan orang lain, kadang seorang ESTJ bisa bersikap seenaknya sendiri dalam memerintah atau menyuruh-nyuruh orang lain. Sikapnya yang bossy terkadang agak menyebalkan.

Tes psikologi Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) melandasi setiap tipe kepribadian berdasaran sejumlah fungsi kognitif (sensing, thinking, feeling, and intuition) yang mengarah ke kepribadian ekstrover atau introver. Cukup menarik juga mengetahui setiap tipe kepribadian ini. Kalau kita merasa punya kepribadian ESTJ, kita bisa berusaha memaksimalkannya dengan mengoptimalkan kelebihan-kelebihan yang kita punya.

Semoga info ini bisa jadi referensi yang bermanfaat untukmu, ya.

;
Loading