Sukses

Lifestyle

Pengaruh Sarapan Terhadap Kecerdasan Anak Menurut Para Ahli

Fimela.com, Jakarta Pada dasarnya sarapan merupakan aktivitas harian. Banyak orang mungkin telah menjalaninya, tapi seberapa banyak yang benar-benar memahami pentingnya sarapan?

Fungsi sarapan tak sekadar untuk mengenyangkan perut dan mengisi tenaga, lho. Lebih jauh, kebiasaan sarapan ternyata dapat memengaruhi kecerdasan seseorang, terutama anak-anak.

Dr. dr. I Gusti Lanang Sidiartha Sp.A (K) mengungkapkan bahwa anak-anak yang memiliki kebiasaan sarapan dengan nutrisi seimbang memiliki nilai akademis 4 kali lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak. Hal ini ia buktikan dengan melakukan penelitian pada 178 siswa-siswi SD 1 Taro, Gianyar, Bali, dengan kategori 6-9 tahun dan di atas 9 tahun.

Dalam penelitian berjudul "Kebiasaan Sarapan Pagi dan Performa Akademis pada Anak" dipaparkan, "Efek positif dari sarapan bernutrisi pada anak berperan dalam kemampuan kognitif, tingkah laku, dan prestasi di sekolah. Kinerja kognitif ini terutama dalam hal daya ingat dan kemampuan memperhatikan pelajaran di kelas."

Hasil Penelitian

Dari total subjek penelitian secara keseluruhan, sebanyak 51,7% memiliki kebiasaan sarapan. Anak-anak yang terbiasa sarapan ini memiliki nilai akademis di atas rata-rata (71,1) pada akhir semester sementara yang melewatkan waktu sarapan memiliki nilai di bawah rata-rata.

Dalam hal ini, kesadaran orang tua amat diperlukan untuk selalu menyediakan sarapan bagi anak, serta memperhatikan nutrisi dalam menu sarapan yang dikonsumsinya.

;
Loading