Sukses

Lifestyle

Ulasan: Resep Panjang Umur, Sehat, dan Sembuh (Tan Shot Yen dan Hindah Muaris)

Fimela.com, Jakarta Judul: Resep Panjang Umur Sehat dan Sembuh (Edisi Revisi)

Penulis: Tan Shot Yen dan Hindah Muaris

Foto: CB Ariyo Pidekso & Yosefine Pangestuti

Desain sampul dan isi: Whir Graphicemotion, Yan Mursid, Stevan Arafat

Penerbit Gramedia Pustaka Utama

Cetakan kedua: Februari 2019

“Isi Piringku” adalah panduan porsi gizi seimbang yang telah dicanangkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 50% porsi piring diisi sayur segar dan buah. Lalu, bagaimana memadukan racikan sayur segar (yang bukan “salad”) bersama lauk yang sehat? Bagaimana juga dengan keterampilan memilih, meracik, dan mengolah makanan yang bagi generasi masa kini terasa membebani?

Buku inilah jawabannya. Uraian edukasinya ringkas, ringan, dengan referensi yang dapat dipercaya sehingga memberi bobot tentang mengapa bahan makanan tertentu dipilih, bagaimana meracik yang benar, dan cara olah seperti apa yang tetap mempertahankan kualitas gizi makanan. Dijamin menyiapkan makanan sehat bagi keluarga terasa mudah dan menyenangkan, tanpa menghilangkan rasa enak yang memanjakan lidah.

Buku Resep Panjang Umur, Sehat, & Sembuh— yang pernah terbit sepuluh tahun yang lalu, dan mengalami cetak ulang berkali-kali—ini telah mengalami banyak perubahan dan disertai informasi ilmu gizi terkini. Sederhana namun bukan miskin rasa, mudah tapi tidak hanyut dalam kepraktisan, buku ini hadir dengan 32 resep racikan sayur segar dan 40 resep lauk berbumbu asli tanpa harus diberi gula dan minyak goreng apalagi produk rafinasi.

***

Menjaga pola makan seimbang merupakan salah satu kunci sehat. Hanya saja belum semua orang paham soal makanan seperti apa yang dikategorikan sehat. Di sini kita pun perlu mencari info terbaik untuk mengatur pola makan seimbang agar bisa membuat tubuh kita sehat dengan harapan berumur panjang.

Resep Panjang Umur, Sehat, dan Sembuh, buku yang satu ini bisa jadi referensi yang pas untuk membantu kita mengatur pola makan yang lebih sehat dan seimbang. Ditulis oleh Tan Shot Yen, seorang dokter yang juga filsuf dan ahli nutrisi sebagai dasar pendidikan S3-nya dan Hindah Muaris, seorang ahli kulinologi, buku ini memberi informasi yang cukup padat terkait makanan sehat yang juga enak di lidah untuk dinikmati sehari-hari.

Bukan Buku Masak Biasa

Bukan "buku masak" biasa. Resep Panjang Umur, Sehat, dan Sembuh bukan sekadar buku kumpulan resep. Dijelaskan pada bagian pengantar, buku ini juga mengungkapkan alasan soal kenapa perlu makan sayur, mengapa tidak ditumis, mengapa tidak menggunakan bumbu aneh-aneh kemasan, mengapa tidak menggunakan bahan rafinasi seperti gula, dan mengapa tidak menggunakan minyak goreng. Lalu juga dijelaskan cara pengolahan yang tepat untuk menghasilkan makanan yang tak hanya enak di lidah tapi juga sehat.

Masakan yang sehat bukan selalu yang masih berbahan mentah. Justru ada jenis-jenis bahan tertentu yang perlu diolah atau dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Untuk jenis sayuran dan buah tertentu pun ada yang bisa dikonsumsi mentah tapi ada juga yang sebaiknya diolah seperti melalui proses perebusan dan pengukusan sebentar. Yang paling penting lagi adalah kita bisa membuat masakan sehat yang sangat enak dan "ramah" di lidah.

Pernah dengar kebijakan "Isi Piringku"? Kebijakan ini dicanangkan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia pada akhir tahun 2017 dengan anjuran separuh isi piring berupa sayur dan buah. Berbagai studi telah membuktikan manfaat sayur sebagai pemelihara kesigapan otak dan kebugaran tubuh serta daya tahan kekebalan tanpa perlu buang uang demi produk anti penuaan. Tapi perlu ditekankan pula bahwa cara pengolahannya juga perlu diperhatikan supaya manfaat terbaiknya bisa kita dapatkan.

Melalui buku Resep Panjang Umur Sehat dan Sembuh ini kita disuguhi 17 resep menu sehat dengan rasa lokal yang tradisional; 15 resep andal internasional; dan 40 resep lauk tanpa digoreng, tanpa gula, dan tanpa bahan rafinasi maupun bumbu buatan. Ada juga info referensi dan inspirasi menu harian selama seminggu. Setelah mengetahui semua resepnya, kita nggak akan kebingungan lagi mau makan apa hari ini atau mau membuat menu sehat apa hari ini. Dilengkapi dengan berbagai foto dan gambar makanan yang menarik, kita pun jadi makin semangat untuk mencoba langsung setiap resepnya dan mencicipi rasanya.

Puluhan Resep Bisa Langsung Dicoba Sendiri

Olahan lalapan dan salad sehat ternyata bisa dibuat dengan bahan sederhana tapi tetap bisa memanjakan lidah. Aneka menu lezat seperti soto, sup, sambal, kari, pepes, dan botok juga bisa dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang lebih mudah dan menyehatkan. Setiap resepnya bisa langsung kita coba sendiri di rumah. Bahkan kita jadi makin semangat membuat masakan sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang lebih sehat, berkualitas, dan pastinya enak di lidah.

Bagi yang selama ini masih bingung soal membangun pola makan sehat yang bisa langsung diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, buku Resep Panjang Umur Sehat dan Sembuh bisa kita jadikan salah satu referensi yang sempurna. Berbagai hal tentang membangun kebiasaan dan pola makan sehat yang ada di buku ini dikemas padat sekaligus informatif.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Alasan yang Bikin Naik Pesawat Kini Terasa Bahagianya
Artikel Selanjutnya
Alasan Suami Penting Membersihkan Mr P Setelah Berhubungan Intim