Sukses

Lifestyle

4 Aturan Makan Malam yang Nggak Bikin Gemuk, Simak Tipsnya yuk!

Fimela.com, Jakarta Sering merasa lapar pada malam hari tapi takut makan karena khawatir gemuk? Sepertinya banyak dari kita yang takut makan malam karena tak ingin berat badan naik, ya. Tapi kita bisa tetap bisa makan malam dengan aturan tertentu tanpa khawatir gemuk, lho.

Ada sebuah metode diet yang cukup ramai dibicarakan, yaitu DEBM (Diet Enak, Bahagia, dan Menyenangkan). Dalam diet ini, makan malam justru memegang peranan penting dalam proses kurus. Robert Hendrik Liembono dalam DEBM Cara Mudah Turunkan Berat Badan Tanpa Sengsara memaparkan aturan makan yang bisa membantu tubuh membakar lebih banyak lemak saat tidur. Penasaran? Simak uraiannya berikut ini, ya.

1. Makan Malam Maksimal Pukul 18.00

Penting untuk memerhatikan jam saat akan makan malam. Makan malam dengan karbo bisa dikonsumsi maksimal pukul 18.00 (toleransi pukul 18.30). Tapi karbo yang dimaksud bukan nasi atau roti, melainkan sumber karbo lain yang lebih sehat seperti buncis dan wortel.

2. Di Atas Pukul 18.30, Tak Boleh Konsumsi Karbo

Boleh makan sate tapi tanpa bumbu dan tanpa lontong. Bisa juga makan steak tapi yang plain tanpa karbo. Konsumsi ikan, telur, keju, dan buah avokad juga diperbolehkan selama tidak pakai karbo.

3. Makan Malam Sifatnya Wajib di DEBM

Dalam metode DEBM, makan malam sifatnya wajib. Meski tidak lapar tetap harus makan, misal satu butir telur atau keju.

4. Boleh Konsumsi Kudapan tapi yang Rendah Karbo

Bila pukul 21.00 ingin makan, maka tak boleh konsumsi karbo. Hindarai makan mi atau nasi pada jam tersebut. Alternatif yang lebih sehat bisa makan telur, agar-agar tanpa gula, atau keju. Batasi kudapan yang dikonsumsi cukup 150 kalori. Beberapa contoh kudapan yang mengandung 100-150 kalori, antara lain 2 butir telur rebus, 1 telr goreng, 1 scoop susu protein, 100 gram buah avokad dan keju, 25-40 gram keju, yoghurt, 1-2 buah apel ukuran sedang, 100 gram buah stroberi, dan susu full cream 125 ml sehari satu kali.

Bila merasa cocok dengan diet ala metode DEBM, menerapkan aturan makan malam seperti di atas bisa jadi salah satu cara efektif memiliki tubuh yang lebih ideal. Semoga info di atas bisa jadi salah satu referensi dalam usaha kita menurunkan berat badan dan mencegah perut buncit, ya.

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Manfaat Minum Air Putih saat Perut Kosong di Pagi Hari, Sudah Tahu?
Artikel Selanjutnya
5 Aktivitas Sederhana Ini Ternyata Bisa Melatih Otak Tetap Aktif