Sukses

Lifestyle

Begini Cara Terbaik Meminta Maaf pada Pasangan

Fimela.com, Jakarta Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan, dan sudah sewajarnya seseorang meminta maaf jika memang kesalahan itu menyinggung perasaan, menimbulkan masalah serius atau menyebabkan kerugian lebih jauh.

Kesalahan tentu tak bisa dihindari dalam hubungan pernikahan. Dirimu atau pasangan bisa jadi melakukan kesalahan dan perlu minta maaf. Akan selalu ada momen canggung saat minta maaf, entah itu karena hal-hal yang sulit dimaafkan atau mungkin sulitnya menurunkan ego dan emosi untuk meminta maaf dan memaafkan. Itulah mengapa orang butuh cara terbaik untuk bisa minta maaf.

Jika ingin minta maaf dengan baik, begini cara yang bisa dilakukan.

1. Menyadari kesalahan

Menyadari kesalahan adalah hal pertama yang harus dilakukan jika merasa bersalah. Ketahui dulu kesalahanmu dan dengarkan apa yang ingin dia ungkapkan mengenai kesalahanmu, bagaimana hal ini mempengaruhi dirinya dan hubungan denganmu. Jangan melakukan pertahanan atau melawan, kesampingkan ego, karena ini bukan saat yang baik mempertahankan argumen.

2 dari 3 halaman

Cara Minta Maaf yang Baik

2. Bertanggung jawab atas kesalahan

Komunikasikan berdua, saling jujur dan berikan penjelasan dengan apa adanya. Langkah kedua agar maafmu bisa diterima adalah berani bertanggung jawab atas kesalahan yang kamu buat. Ini menunjukkan bahwa dirimu memang ingin memperbaiki hal yang tidak pada tempatnya.

3. Tidak mengulanginya

Ini adalah poin penting dari semua permintaan maaf, tidak mengulangi apa yang telah diperbuat. Ini adalah cara minta maaf paling tepat dari segala maaf, karena dirimu membuktikan bahwa maaf itu tidak hanya di mulut saja, bahwa dirimu mau berubah.

Meminta maaf dan memaafkan memang skill yang harus dikuasai, terutama saat menikah, karena bisa jadi inilah yang memegang kunci penting kebahagiaan rumah tanggamu, sahabat Fimela.

3 dari 3 halaman

Tonton juga video yang satu ini

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Cara Manis Menunjukkan Dirimu Sangat Menghargainya
Artikel Selanjutnya
Uangmu Uangku, Berapa pun Isi Dompetmu Aku Harus Tahu!