Sukses

Lifestyle

Cara Mengolah Daun Ubi Jalar yang Enak, Berikut Tipsnya!

Fimela.com, Jakarta Pernah menikmati olahan sayur daun ubi jalar? Ya, selain umbinya, bagian daunnya juga enak untuk dimasak. Bahkan daun ubi jalar memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Daun ubi jalar dikenal memiliki kandungan niasin, kalsium, zat besi, lutein, dan xantin. Selain kaya serat, daun ubi jalar juga kaya vitamin, seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin B6. Nah, sekarang persoalannya bagaimana sih cara mengolah daun ubi jalar yang enak?

Pilih yang Masih Muda dan Bertekstur Lentur

Disarankan memilih daun ubi jalar yang warnanya masih cukup hijau muda. Bukan yang warna hijaunya terlalu tua. Selain itu, pilih yang tekstur daunnya masih lentur. Petik daunnya satu per satu dari batang utamanya untuk kemudian kita olah sesuai selera.

Direbus Sebentar Saja

Merebus daun ubi jalar cukup sebentar saja. Ketika warnanya sudah berubah agak cerah, kita bisa langsung mengangkatnya. Kalau direbus terlalu lama, daun ubi jalar malah akan berlendir dan pastinya jadi kurang enak saat dikonsumsi. Daun ubi jalar rebus kemudian bisa dinikmati dengan sambal pecel atau sambal terasi.

Ditumis dengan Api Besar

Dalam beberapa hidangan, daun ubi jalar bisa "menggantikan" daun kangkung. Daun ubi jalar bisa diolah dengan cara ditumis pakai bumbu bawang merah, bawang putih, cabai, terasi, dan sedikit saus tiram. Tumis dengan api besar sampai warna daunnya jadi agak hijau cerah. Setelah itu bisa langsung disajikan dan dinikmati.

Daun ubi jalar bisa direbus atau ditumis untuk dijadikan hidangan yang lezat. Semoga info dan tips ini bisa cukup membantumu untuk membuat olahan daun ubi jalar yang sedap, ya.

 

 

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Tips Membuat Caramelized Onions agar Tidak Pahit
Artikel Selanjutnya
4 Tips Membuat Bakso Goreng yang Tidak Kempes