Sukses

Lifestyle

4 Langkah Mengolah Gurita, Simak Juga Tips Mengulitinya

Fimela.com, Jakarta Masih sering bingung membedakan cumi-cumi dan gurita? Sebenarnya kita bisa langsung membedakannya dari struktur tubuh dan tentakelnya. Cumi-cumi memiliki bagian tubuh yang lebih besar daripada tentakelnya. Sementara gurita memiliki bagian tentakel yang biasanya tampak lebih besar dan tebal.

Untuk mengolah gurita, ada beberapa langkah penting yang perlu diperhatikan. Mulai dari proses membersihkan hingga proses menguliti. Selengkapnya, kita simak uraiannya di sini, ya.

1. Potong dan Keluarkan Organ Dalam Gurita

Untuk memudahkan proses pembersihan, potong gurita dengan membelahnya melalui "titik tengah" tempat tentakelnya bertemu. Setelah itu, keluarkan organ-organ dalam gurita. Karena organ-organnya ini dalam bentuk kantong, jadi tidak akan terlalu menyulitkan kita untuk mengeluarkannya. Kemudian, cuci dan bilas dengan air bersih yang mengalir.

2. Rebus dengan Api Kecil

Bila ingin mendapatkan tekstur daging gurita yang kenyal dan lembut, rebus gurita dengan menggunakan api kecil. Biasanya gurita perlu direbus sekitar 1 jam untuk mendapatkan hasil daging yang cukup empuk. Pastikan gurita dalam keadaan benar-benar tenggelam ketika direbus. Saat air menyusut dalam proses perebusan, tambahkan lagi air sampai membuat gurita kembali tenggelam. Untuk menguji tingkat kekenyalan atau keempukannya, kita bisa menusuk gurita dengan garpu atau tusuk gigi.

3. Kuliti Setelah Selesai Direbus

Setelah selesai direbus, daging gurita bisa kita bilas dengan air dingin. Setelah itu kita bisa mengelupas kulitnya atau menguliti bagian kulit luarnya. Gurita lebih mudah dikuliti bila sudah direbus atau sudah dalam keadaan matang. Jika masih mentah, daging gurita sulit untuk dikuliti.

4. Daging Gurita Bisa Dipanggang atau Dimasak Sesuai Selera

Bila ingin membuat daging gurita panggang, kita bisa memberi tambahan minyak zaitun, garam, dan merica. Daging gurita bisa langsung dibakar seperti sate, bisa juga dibungkus terlebih dahulu dengan aluminium foil. Potongan daging gurita juga bisa dipakai untuk isian takoyaki.

Mengolah daging gurita tidak terlalu sulit, kan? Semoga info ini bermanfaat dan bisa bikin makin semangat untuk mengolah daging gurita jadi hidangan yang lezat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading