Sukses

Lifestyle

6 Hal Penting Saat Mudik Agar Anak Tidak Cranky dan Sakit

Fimela.com, Jakarta Perjalanan mudik memang harus direncanakan matang-matang agar dalam perjalanan tetap nyaman. Apalagi ketika membawa anak kecil, tentu harus dipersiapkan jauh-jauh hari agar anak tidak mudah sakit dan cranky.

dr. Diatrie Anindyajathi, MSc,SpA, pun memberikan tips-tips mudik bersama anak, apa saja? Yuk intip.

1. Transportasi

Tentukan alat transportasi apa yang akan digunakan dengan mempertimbangkan jarak dan waktu yang akan ditempuh. Hal ini pentingkarena tiap mode transportasi memiliki keuntungan dan kerugian tersendiri.

“Kalau akan berpergian jarak jauh dan lama, disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi di mana perjalanan akan lebihfleksibel. Untuk perjalanan melalui udara akan dibahas tesendiri,” paparnya.

2. Rutinitas biasanya

Jaga agar kondisi selama mudik tetap menjalankan rutinitas yang biasa dilakukan di rumah. Seperti waktunya makan, waktu tidur, waktu bermain, dan bahkan untuk anak yang besar waktu untuk mengerjakan PR.

“Rutinitas akan membuat anak tidak merasa terlalu lelah dan bosan,” ucapnya.

2 dari 3 halaman

3. Lingkungan

Jaga juga kondisi lingkungan semirip mungkin dengan kondisi di rumah. Bila di dalam kendaraan pribadi, suhu pendingin jangan terlalu dingin. Bila dengan transportasi umum pastikan anak dibekali jaket, topi, selimut untuk berjaga-jaga supaya tidak mengalami penurunan suhu tubuh. Topi sangat penting untuk bayi baru lahir karena suhutubuh banyak hilang dari permukaan kulit kepala.

4. Obat-obatan

Siapkan obat-obatan yang sekiranya dibutuhkan sewaktu-waktu seperti penurun panas, obat untuk batuk, pilek, diare dan muntah. Bila anak memiliki riwayat kejang demam tentu saja selalu sedia obat anti kejangyang melalui dubur untuk berjaga-jaga. Bila anak sering mabukperjalanan, anak dapat diberikan obat antimuntah 30 menit sebelumberangkat.

5. Jangan lupa kebersihan tangan

Sering kali bila berpergian kitalupa untuk cuci tangan. Maka sediakan selalu gel cuci tangan atau tissue basah dan ingatkan anak-anak untuk melakukan cuci tangan sebelum dan sesudah makan, sesudah ke WC, sesudah bersin atau batuk. Jangan lupa ajarkan juga cara mencuci tangan dengan benar ya, yaitu dengan menggosok kedua tangan selama minimal 20 detik.

“Cari lagu kesukaan anak yang berdurasi kurang lebih 20 detik untuk membantu anakmemahami berapa lama harus menggosok tangannya (contoh:Pelangi-pelangi),” ungkapnya.

6. Siapkan permainan atau aktivitas selama perjalanan

Jangan keluarkan semuanya bersamaan, namun buat satu paket aktivitas atau mainan dalam kantong-kantong terpisah sehingga bila perjalanannya cukup lama,anak-anak tetap dapat melakukan aktivitas yang menyenangkan. Dengan begitu perjalanan mudik akan aman dan nyaman.

3 dari 3 halaman

Simak video berikut

#Growfearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Partners in Goodness: Berbagi Takjil Selama Bulan Puasa
Artikel Selanjutnya
Menu Ramadan Hari Ini: Es Kelapa Muda, Ayam Penyet & Sosis Saus Mentega