Sukses

Lifestyle

Manfaat Angkat Beban bagi Kesehatan Perempuan

ringkasan

  • Olahraga angkat beban bisa menjadi pilihan rutinitas olahraga bagi perempuan
  • Banyak manfaat yang bisa didapat dengan melakukan angkat beban. Mulai dari kehilangan lemak hingga menurunkan risiko depresi

Fimela.com, Jakarta Umumnya angkat beban dilakukan oleh laki-laki atau olahragawati yang sudah terlatih. Padahal kamu bisa melakukan angkat beban sebagai bagian dari rutinitas angkat bebanmu.

Dengan angkat beban, kamu bisa meningkatkan massa otot sehingga menjaga lemak tubuh tetap rendah. Namun jumlah perempuan yang melakukan angkat beban ini masih terbilang rendah. Hal ini dikarenakan perempuan lebih banyak menghabiskan sebagian besar waktu di gym dengan kardio. Padahal, melakukan angkat beban bisa membawa manfaat bagi tubuh perempuan, melansir dari Very Will Fit pada Senin (9/9/10).

1. Lebih kuat secara fisik

Dengan memiliki fisik yang lebih kuat, bisa mengurangi ketergantungan kamu terhadap bantuan orang lain dalam kehidupan sehari-hari. Kamu bisa mengangkat beban rumah tangga, seperti belanjaan maupun mengangkat peralatan rumah tangga sendiri. Dengan latihan angkat beban secara rutin bisa mengurangi kemungkinan terjadinya cedera.

2. Menghilangkan lemak tubuh

Penelitian yang dilakukan oleh Wayne Westcott, Ph.D dari Massachusetts menemukan bahwa rata-rata perempuan yang melakukan angkat beban dua hingga tiga kali sehari akan kehilangan lemak sekitar 1,5 kg.

3. Mendapat kekuatan tanpa terlalu membentuk otot

Tidak seperti laki-laki, perempuan biasanya tidak mendapatkan otot dari latihan angkat beban. Perempuan memiliki 10 hingga 30 kali lebih sedikit hormon yanng menyebabkan hipertrofi otot.

 

4. Mengurangi risiko osteoporosis

Angkat beban dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang belakang. Ini ditambah dengan jumlah kalsium, makanan yang cukup, dapat menjadi pertahanan baik bagi perempuan terhadap osteoporosis.

5. Mengurangi risiko cedera, nyeri punggung, dan artistis

Angkat beban tidak hanya membangun otot yang lebih kuat. Namun juga membangun jaringan ikat yang lebih kuat dan meningkatkan stabilitas sendi dan membantu mencegah cedera. Memperkuat otot punggung bawah dapat membantu menghilangkan atau mengurangi nyeri punggung bawah.

6. Meningkatkan kepercayaan diri dan tidak rentan terhadap stres

Perempuan yang melatih kekuatan biasanya memiliki perasaan yang lebih percaya diri. Mereka akan merasa mampu menjalani semua program yang bermanfaat untuk mengurangi depresi.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Loading