Sukses

Lifestyle

Health talk: olahraga angkat beban, bikin kerja otak lebih bagus

Jakarta Mulai dari sekarang, kami sarankan untuk masukkan angkat beban sebagai bagian dari olahragamu. Mengapa? Faktanya, angkat beban tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kekuatan tulang dan otot serta membebaskan masa tubuh dari lemak, tapi juga meningkatkan kinerja dan daya ingat otak. Jika rutin melakukan angkat beban, di hari tua nanti kita akan terhindar dari risiko penyakit Alzheimer dan dementia.

“Jika kita semakin kuat, maka manfaatnya bagi otak pun semakin besar,” jelas Yogi Mavros, PhD, exercise physiologist di University of Sydney. Penelitian University of British Colombia di tahun 2012 juga menyebutkan bahwa latihan kekuatan berkaitan dengan meningkatnya kemampuan otak pada perempuan dewasa. Bahkan manfaat angkat beban pada otak jauh lebih efektif dibanding jenis olahraga lainnya, seperti jalan kaki dan latihan keseimbangan.

Penemuan ini tentu saja dapat membantu permasalahan penuaan di masa yang akan datang karena diperkirakan pada tahun 2050 nanti sebanyak 135 juta orang di seluruh dunia akan mengalami masalah dementia. Mavros menambahkan, semakin banyak orang yang melakukan latihan kekuatan seperti angkat beban, maka semakin besar populasi orang-orang sehat. Yang perlu diperhatikan adalah melakukan latihan ini secara rutin, paling tidak dua kali dalam seminggu.

Semakin bertambahnya usia, tidak dapat dipungkiri bahwa kemampuan otak semakin menurun. Untuk mencegah hal tersebut saat tua nanti, sangat disarankan untuk perbanyak angkat beban. Apalagi olahraga ini sangat praktis dan dapat dilakukan dimana dan kapan saja. Hanya dengan bermodal barbel, kita dapat melangkah pada hidup yang lebih sehat dan otak yang lebih tajam. Mari kita lakukan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading