Sukses

Lifestyle

4 Cara Mengatasi Pilek secara Alami

Fimela.com, Jakarta Hidung berair, sakit tenggorokan, batuk, hidung tersumbat, sakit badan ringan dan sakit kepala, bersin, dan demam ringan biasa terjadi karena pilek menyerangmu.

"Pilek biasa adalah infeksi virus pada tenggorokan dan hidung, juga dikenal sebagai saluran pernapasan bagian atas. Banyak jenis virus yang dapat menyebabkan flu biasa, tetapi penyebab paling umum adalah rhinovirus, ”kata Adiba Khan, MD, dokter keluarga di Northwestern Medicine Lake Forest Hospital, dilansir dari prevention.com.

Agar pilek tidak mengganggu aktivitasmu, ada beberapa cara alami menghentikan pilek. Jadi sahabat Fimela tidak perlu repot pergi ke dokter.

1. Banyak konsumsi vitamin D

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidak mendapatkan cukup vitamin D lebih mungkin untuk menderita infeksi saluran pernapasan atas — menyebabkan batuk, tenggorokan gatal, atau hidung tersumbat. “Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa menambahkan 400 unit internasional vitamin D per hari dapat mencegah infeksi pernapasan,” kata Dr. Khan.

Mendapatkan cukup vitamin D bisa dengan mengonsumis seperti salmon, daging sapi, kuning telur, susu yang diperkaya dan jus jeruk, keju, dan jamur.

2. Tangan selalu bersih

Sahabat Fimela mungkin sangat sering menyentuh wajah tanpa disadari. Bahkan, satu penelitian kecil 2008 menemukan bahwa para peserta menyentuh wajah mereka rata-rata 16 kali per jam. Ini adalah alasa utama virus dapat menyerangmu melalui orang lain.

Virus itu dapat masuk ke tubuh jika tangan tidak dibersihkan dengan benar, menurut Centers for Disease Control dan Pencegahan (CDC). “Virus juga menyebar melalui kontak kulit ke kulit, seperti jabat tangan,” kata Dr. Clements.

Jadi tidak ada salahnya jika mencuci tangan dengan bersih setiap kali selesai melakukan aktivitas. Gunakan sabun dan gosok setidaknya selama 20 detik. 

3. Bersihkan handphone

Tanpa disadari handphone menyimpan banyak virus, bayangkan saja di mana kita meletakan handphone kita.

Untuk mendisinfeksi ponsel, Apple menyarankan menggunakan lap desinfektan Lysol atau Clorox. Pastikan untuk mematikan ponsel, lap handphone dengan cairan tersebut, dan keringkan dengan kain lembut yang bebas serabut.

4. Tidur cukup

National Sleep Foundation merekomendasikan setidaknya 7 hingga 9 jam tidur per malam. Tidur teratur dapat mencegah dari penyakit pilek atau flu.

 

#Growfearless with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Lakukan Vaksinasi Influenza agar Liburan Bugar dan Nyaman
Artikel Selanjutnya
FIMELA FEST 2019: Lakukan 4 Hal Ini Ketika Anak Flu