Sukses

Lifestyle

Tips Membeli Bumbu Giling Siap Pakai yang Baik di Pasar

ringkasan

  • Warna bumbu yang 'normal'
  • Bumbu giling yang dikemas dengan baik
  • Memiliki aroma yang sedap, tidak asam, tengik, busuk atau bau aneh lainnya

Fimela.com, Jakarta Jika ingin memasak namun ribet membuat bumbunya dulu, di pasar banyak juga yang menjual bumbu giling siap pakai sehiongga memudahkan siapapun yang ingin masak malanan apa pun, mulai dari kare, opor, balado, krengsengan hingga lodeh.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan juga sebelum asal membeli bumbu, pilih yang berkualitas baik dengan cara ini.

1. Warna bumbu yang 'normal'

Jangan tertipu dengan warna bumbu yang mencolok, karena bisa jadi bumbu telah ditambah pewarna. Pilih yang warnanya tampak masuk akal, tidak terlalu merah, tidak terlalu kuning dan yang lainnya.

Jika berniat membeli bumbu giling yang dijual dalam wadah besar, ambil sedikit dan lihat apakah meninggalkan warna di jari. Jangan membeli bumbu merah dan warnanya tertinggal di tangan. Untuk bumbu kuning mungkin akan meninggalkan warna karena efek kunyit, tapi jika warnanya tidak wajar, jangan dibeli.

2. Aroma bumbu

Bumbu giling yang segar sebaiknya memiliki aroma yang sedap, tidak asam, tengik, busuk atau bau aneh lainnya. Terkadang jika bumbu diberi bahan kimia, baunya juga lebih cenderung aneh.

3. Dibungkus

Lebih baik membeli bumbu giling yang dikemas dengan baik, terbungkus plastik sehingga tidak terkontaminasi dengan udara luar. Biasanya bumbu yang dikemas telah dimasak lebih dulu sehingga dijual dalam keadaan matang dengan campuran minyak. Ini cara penjual untuk mengawetkan bumbu.

4. Beli secukupnya

Beli secukupnya saja sesuai masakan yang ingin dibuat. Tak pelru menyimpan bumbu terlalu lama, bahkan jika ingin menyimpannya di kulkas. Kalaupun ingin menyimpan, maksimal satu minggu saja karena rasanya bisa berubah.

Itu dia sekian tips yang bisa diikuti jika ingin membeli bumbu giling siap pakai di pasar.

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading