Sukses

Lifestyle

4 Olahraga Terbaik untuk Jaga Kesehatan Mental

Fimela.com, Jakarta Olahraga tidak hanya membawa manfaat bagi kesehatan tubuh. Melainkan juga bisa membawa manfaat bagi kesehatan mental.

Menurut Barbara Nosal, Ph.D., melansir dari Purewow pada Selasa (21/1/2020) menyebut bahwa 30 menit atau lebih olahraga setiap hari dapat meningkatkan produksi serotonin, neurotransmitter yang terkait dengan pengaturan mood dan perilaku sosial, serta tidur, nafsu makan, dan memori. Semua hal ini dapat mempengaruhi keseimbangan pikiran dan tubuh.

1. Hiking

Dalam sebuah studi pada 2013 dari Universitas Harvard disebutkan bahwa berjalan cepat sekitar 35 menit sehari lima kali seminggu meningkatkan gejala depresi ringan hingga sedang. Cobalah berjalan atau hiking di area hijau, seperti bukit atau kebun, untuk meningkatkan mood. Dalam penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Internasional Penelitian Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat menemukan bahwa melihat gambar ruang hijau bisa mengurangi stres.

2. Dance Cardio

Selain meningkatkan kesehatan jantung, keseimbangan, dan kekuatan, menari kardio dapat meningkatkan kesehatan mental. Menurut studi yang diterbitkan PLOS One pada 2015, menari dapat mengurangi kecemasan, meningkatkan kepercayaan diri, dan meningkatkan kesejahteraan psikologis.

 

3. Weight Lifting

Sebuah tinjauan pada 2018 menyebut bahwa mengangkat beban secara konsisten dapat mengurangi gejala depresi dan meminimalkan risiko seseorang merasa depresi di masa depan.

4. Yoga

Pusat Sumber Daya Stres Sekolah Kedokteran Harvard mencatat bahwa yoga memodulasi sistem respon stres dengan mengurangi stres dan kecemasan yang dirasakan. Pada dasarnya yoga akan mengurangi denyut jantung, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi pernapasan.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Punya Pasangan Optimis Jamin Hidup Bahagia dan Otak Awet Muda
Artikel Selanjutnya
Ini Alasan Olahraga HIIT adalah Cara Terbaik Jaga Kesehatan Tubuh dan Otak