Sukses

Lifestyle

Daftar Menu Makanan yang Tepat untuk Disantap Sebelum dan Sesudah Olahraga

Fimela.com, Jakarta Memberi asupan yang tepat untuk tubuh sebelum dan sesudah berolahraga adalah salah satu bagian terpenting dalam gaya hidup sehat. Selain itu, menu makanan yang dipilih juga harus sesuai dengan jenis olahraga yang kamu lakukakan.

Jika kamu olahraga dalam keadaan perut kosong, maka olahraga tidak dapat dilakukan dengan maksimal karena kekurangan energi. Sedangkan fungsi makan setelah olahraga adalah untuk mengganti energi yang sudah terkuras selama olahraga. Tapi tentu saja dengan porsi dan jenis makanan yang sesuai.

Dilansir dari realsimple.com, berikut adalah daftar menu makanan yang baik sebelum dan sesudah olahraga.

1. Boxing

Sebelum: Jenis keju cottage yang berprotein tinggi, anggur dan melon untuk menghidrasi tubuh dan dua sendok makan granola cocok untuk dikonsumsi. Makanan ini akan membuat kamu merasa kenyang dan dapat olahraga dengan maksimal.

Sesudah: Jika olahraga boxing dilakukan dalam satu jam, ini berarti sekitar 800 kalori sudah terbakar. JKamu dapat menyantap semangkuk quinoa. Tambahkan dengan setengah alpukat dengan tiga ons tuna, kubis Brussel panggang, bit, dan irisan keju manchego. Kombinasi ini menyediakan karbohidrat, 34 ons protein (dari tuna, 3/4 cangkir quinoa matang dan satu ons keju), lemak sehat dari alpukat, dan serat dari quinoa. Kamu juga bisa mencampurkan sedikit garam.

2. Lari

Sebelum: Konsumsi semangkuk kecil oatmeal dengan satu sendok makan selai kacang dan setengah pisang. Sebelum lari juga jangan terlalu minum banyak meminum air. Karena itu akan membuat tubuh tidak nyaman. Untuk alternatifnya, bawa tumbler berisi air putih dan dapat meminumnya sedikit demi sedikit jika kamu merasa lelah saat berlari.

Setelah: Konsumsi semangkuk yogurt rendah gula dengan buah berry, mangga, kiwi, almond dan taburi dengan serpihan kelapa kering.

Magnesium pada almond dan kalium dalam buah dapat mencegah kram otot. Antioksida di dalam buah juga membantu melawan kerusakan akibat paparan radikal bebas dari olahraga.

3. Yoga

Sebelum: Aktivitas yoga bergantung pada sebuah gaya dan intesintas yang akan kamu lakukan. santaplah sesuatu yang ringan seperti chia bar. Itu akan cukup mengenyangkan perut sebelum mulai yoga. Chia bar memiliki serat, protein dan dapat meningkatkan hidrasi.

Setelah: Konsumsi makanan biji-bijian utuh, buah-buahan, dan beri sedikit cokelat. Itu dapat menambah energi setelah kamu melakukan yoga. Disarankan untuk membuat makanan tersebut sebelum kamu melakukan yoga dan letakan di dalam lemari es.

 

4. Latihan Beban

Sebelum: Latihan beban seperti push-up, crunches, back rows dan lain sebagainya sangat membutuhkan banyak energi dan tingkat fokus yang tinggi. Sebaiknya, tambah cairan dalam tubuh, seperti smoothie. Kamu bisa mencoba smoothie alpukat yang dapat di campur dengan yogurt atau susu low fat.

Setelah: Pastikan kamu mengonsumsi protein satu jam setelah kamu berolahraga untuk membantu memperbaiki mikrotears pada otot. Dua telur di atas muffin gandum yang dipanggang ditambah dengan bayam segar dan taburan keju parut parmesan bisa jadi pilihan tepat.

Penulis: Zhafira Majdina

#ChangeMaker 

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Alasan Jangan Langsung Olahraga Selama Efek Jet Lag
Artikel Selanjutnya
Waktu Terbaik untuk Olahraga dan Manfaat yang Harus Diketahui