Sukses

Lifestyle

Kettlebell, Olahraga yang Membakar Lemak Sekaligus Membentuk Otot

Fimela.com, Jakarta Olahraga beban menggunakan dumb bell sudah biasa. Belakangan ini, olahraga beban menggunakan kettlebell mulai naik daun dan diminati banyak orang. Bukan cuma para atlet, tetapi juga diminati peminat olahraga milenial. 

Pasalnya, kettlebell dikenal sebagai alat beban yang mampu membakar banyak kalori. Bukan hanya itu saja, The Run Experience menulis, olahraga ini juga bisa melatih kestabilan tubuh, meningkatkan massa otot, dan bahkan melatih seluruh bagian tubuh. 

LifeHack menulis, kettlebell pertama kali digunakan di Rusia pada abad ke-18. Dahulu, bentuknya tidak seperti sekarang yang menyerupai cannonball. Saat itu, mereka menggunakan besi bulat yang digunakan untuk melatih otot. Kelebihannya dibandingkan dengan dumbbell adalah, kettlebell dapat melatih seluruh tubuh dengan lebih merata. 

Banyak Gerakan

Gerakan yang paling identik dengan kettlebell adalah kettlebell swing. Gerakan ini merupakan dasar dari penggunaan kettlebell itu sendiri. Namun, alat beban ini bisa digunakan untuk melatih banyak otot dengan beragam gerakan. 

Seperti russian twist, sumo squat, lunge press, dan goblet squat. Pokoknya, ada banyak gerakan yang bisa kamu eksplor menggunakan kettlebell. Selain itu, alat ini juga mudah untuk disimpan di rumah, tanpa memakan banyak ruang. 

Melatih Postur Tubuh

Kettlebell juga bisa digunakan untuk melatih postur tubuh. Postur tubuh merupakan hal yang penting karena berhubungan dengan kesehatan tulang punggung. Selain melatih postur dengan cara berdiri lurus menggunakan bantuan dinding, kettlebell juga bisa membantumu. 

Karena, pada saat melakukan russian kettlebell swing, punggungmu akan secara otomatis lurus. Sehingga secara otomatis pula, postur tubuh akan terbenahi dengan sendirinya. 

#Changemaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Setelah Jet Lag Christina Tan Butuh Waktu 3 Hari untuk Kembali Olahraga
Artikel Selanjutnya
Alasan Memaksakan Olahraga Terlalu Berat Tidak Baik untuk Kesehatan