Sukses

Lifestyle

Ini Alasan Olahraga HIIT adalah Cara Terbaik Jaga Kesehatan Tubuh dan Otak

Fimela.com, Jakarta Olahraga dibutuhkan setiap orang untuk menjaga kesehatan. Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan, entah itu angkat beban, berenang, yoga, pilates, senam aerobik hingga HIIT yang akhir-akhir ini sedang populer karena tidak membutuhkan banyak waktu untuk dilakukan.

Setiap olahraga memberikan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh, namun ternyata melakukan banyak aerobik variatif seperti HIIT, bukan hanya konstan melakukan satu olahraga saja, adalah yang terbaik menjaga kesehatan. Penelitian yang dilakukan di University of South Australia menemukan bahwa secara rutin melakukan olahraga aerobik yang bervariasi bagus untuk kesehatan tubuh dan otak.

Olahraga paling efektif jaga tubuh dan otak

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Science and Medicine in Sport ini melakukan eksperimen pada 128 orang untuk melihat perubahan aktivitas otak selama olahraga aerobik dan menemukan bahwa perubahan kesehatan tubuh yang paling baik adalah ketika orang melakukan kombinasi berbagai gerakan latihan aerobik yang bisa dilakukan ketika olahraga intensitas tinggi.

Hal yang paling terlihat ketika melakukan olahraga ini adalah metabolisme yang lebih baik, peredaran darah yang lancar, membakar kalori lebih banyak dan membangun otot lebih baik. Tapi yang lebih menakjubkan adalah terjadinya neuroplastisitas pada otak, yaitu kemampuan otak lebih baik dalam mempelajari sesuatu, input memori dan mempelajari keterampilan baru.

Itu alasan mengapa olahraga HIIT perlu lebih sering dilakukan. Dengan waktu yang hanya 20-30 menit saja, tubuh bukan hanya bisa lebih sehat tapi otak juga ikut bugar.

#ChangeMaker with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading