Sukses

Lifestyle

Ketahuilah Bertambahnya Usia, Massa Otot Berkurang dan Menyebabkan Sulit Bergerak

Fimela.com, Jakarta Tanpa disadari, usia 40 awal seseorang akan kehilangan massa otot sebanyak delapan persen setiap dekadenya. Hal ini menyebabkan keterbatasan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari seperti berjalan, naik tangga, mengangkat benda, hingga sulit bangun dari tempat tidur.

Dr.dr.C. Heriawan Seojono, Sp.PD, K.Ger., M.EPID, spesialis penyakit dalam mengatakan seiring bertambahnya usia, massa otot akan menurun secara bertahap. Hal ini yang menyebabkan usia lanjut usia mengalami bungkuk, sulit berjalan, hingga sulit bergerak.

"Tentu hal ini membuat mobilitas bergerak menurun dan berakibat menjadi tidak mandiri karena apa-apa dibantu oleh orang lain," papar dr. Heriawan saat ditemui dalam acara peluncuran Susu Ensure, di Jakarta, Kamis (5/03/20).

Ia mengatakan otot berperan penting untuk gerakan tubuh. "Sebab pada usia 40 tahun masa otot akan hilang 8 persen. Lalu setelah usia 70 tahun, hal tersebut meningkatkan hampir dua kali lipatnya," tambahnya.

Selain proses penuaan, inflamasi, trauma dan berbagai penyakit yang mengakibatkan hiperboliki seperti kanker pun akan mengurangi masa otot. "Otot terus menerus mengalami turning over yakni terurai atau pecah dan dibentuk kembali,"paparnya.

Bahkan, dr. Heriawan mengatakan penelitian di Indonesia mencatat 85 persen usia lanjut usia hampir renta dan renta, 25 persen tidak mampu beraktivitas sendiri. dan hanya 13 persen yang memiliki tubuh yang fit. "Saat masih bayi tubuh mengandung komposisi cairan, namun bertambahnya umur akan berkurang cairan dan protein. Namun lemak betambah. Jika tidak dilatih dengan olahraga rutin atau makanan bergizi maka massa otot pun mudah lemah dan mengakibtkan sulit bergerak," tambahnya.

Tantangan #Stand4Strength

Tantangan #Stand4Strength merupakan tes sederhana 'berdiri dengan satu kaki' yang dilakukan kapan saja dan di mana saja. Caranya dengan duduk pada kursi setinggi 40cm. Silangkan lenganmu di depan dada dan angkat satu kaki setinggi 45 derajat dari lantai.

Lalu, berdirilah dengan satu kaki, sembari menjaga punggung tegak dan cobalah bertahan selama tiga detik. Untuk lebih jelasnya dapat melihat demonstrasi video di www.Stand4Strength.id.

Penelitian menunjukan mereka yang tidak dapat melakukan test ini memiliki risiko yang lebih tinggi untuk tidak bisa berjalan di usia 70 tahun ke atas.

"Tantangan ini membantu menciptakan kesadaran tentang bagaimana kehilangan massa otot dapat terjadi 40 tahun dan memengaruhi kekuatanmu seiring bertambah usia. Tantangan ini fokus terhadap masalah tersebut," papar Arnaud Renard President Directors of Abbotts Product Indonesia.

 

 

 

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading